Lintas Sosial

Masjid Sabiilirrosyad Lebih Tua…

Kamis, 17 Juli 2014 | 16:38 WIB 0 comments
Masjid Sabiilirrosyad Lebih Tua… Media online PASTVNEWS.COM, Masjid Sabiilirrosyad masjid Sabiilurrosyad merupakan salah satu saksi bisu perjuangan Panembahan Bodho dalam menyiarkan ajaran agama Islam di abad ke 16 M, awalnya berdiri dengan ukuran 7x7 m hingga saat ini telah mengalami beberapa kali pemugaran, baik di masa pemerintahan Belanda maupun era kemerdekaan. Pemugaran tersebut antara lain tahun 1895 di mana di tahun ada pengantian kerangka serta atap, tahun 1911 s/d 1913 penambahan serambi masjid, 1925 hingga 1927 penambahan molo pada serambi dan terakhir pada tahun 1982. Dan berdirinya masjid Sabiilirrsoyad diyakini berdiri sejak tahun 1485 sehingga keberadaannya juga diyakini umurnya lebih tua daripada Kraton Yogyakarta. Sebagai masjid tua, Sabiilurrosyad memang saat ini tidak meninggalkan ciri khusus karena semua peninggalan Panembahan Bodho telah termakan usia. Namun begitu bisa dilihat adanya peninggalan berupa Mustoko yang terbuat dari tanah liat. Selain itu ada juga prasasti batu gilang yang merupakan tempat meletakan kaki Panembahan Bodho saat berwudlu. Prasasti tersebut kini diletakan di utara masjid disatukan dengan jam bancet. Jam bancet ini adalah petunjuk masuknya tanda sholat. anjar    

Read more

Bubur Peninggalan Panembahan Bodho…

Kamis, 17 Juli 2014 | 16:32 WIB 0 comments
Bubur Peninggalan Panembahan Bodho… Bantul-PASTVNEWS.COM,masjid yang tergolong tua ini  setiap bulan Ramadan ketika buka bersama panitia menyuguhkan takjil berupa bubur.

Read more

Aliansi Mahasiswa UGM Peduli, Selamatkan…

Senin, 14 Juli 2014 | 19:08 WIB 0 comments
Aliansi Mahasiswa UGM Peduli, Selamatkan… Media-pastvnews.com, Aliansi Mahasiswa UGM Peduli Palestina mengecam serangan Israel terhadap Palestina yang telah melukai ribuan dan menewaskan ratusan warga Palestina.

Read more

Pasar Ramadan Ala Desa Salam

Senin, 7 Juli 2014 | 22:14 WIB 0 comments
Pasar Ramadan Ala Desa Salam Pasar sore yang di gagas oleh remaja masjid setempat yang tidak jauh dari lokasi masjid pada tahun 1435 H sudah di buka untuk kedua kalinya.

Read more

Safari Ramadhan Ala Desa Ngoro-Oro…

Senin, 7 Juli 2014 | 17:07 WIB 0 comments
Safari Ramadhan Ala Desa Ngoro-Oro… Gunungkidul-PASTVNEWS.COM, Safari ramadan alam desa Ngoro-oro patut menjadi contoh bagi desa yang lain.

Read more

Masjid Syuhada Jogjakarta Tempo…

Minggu, 29 Juni 2014 | 23:16 WIB 0 comments
Masjid Syuhada Jogjakarta Tempo… Lintas Sosial-pastvnews.com, Salah satu masjid bersejarah di kota Yogyakarta adalah masjid Syuhada.masjid di banguan pada masa pemerintahan Ir. Presidennya Pertama

Read more

Mentri Agama umumkan puasa ramadhan…

Kamis, 26 Juni 2014 | 17:00 WIB 0 comments
Mentri Agama umumkan puasa ramadhan… Jakarta-pastvnews.com, Menteri Agama Republik Indonesia, pasca surya darma Ali lengser, adalah Lukman Hakim Saifuddin, Ia terobsesi adanya terobosan baru dalam setiap penetapan awal bulan Qamariyyah atau Hijriyyah.

Read more

Sunat sudah penting bagi warga…

Sabtu, 21 Juni 2014 | 10:33 WIB 0 comments
Sunat sudah penting bagi warga…  Media digital pastvnews.com, Pernahkan anda mendengar orang China/Thionghoa alat kelamin pria di sunat atau di supit ? tentu judul di atas, kalau berbicara sunat terutama bagi warga Thionghoa,

Read more