Kembali Ke Index Video


Ampo Pak Poniyo Tembus Pasar Besar Order Ngalir

Kamis, 26 Januari 2023 | 10:11 WIB
Dibaca: 606
  Ampo Pak Poniyo Tembus Pasar Besar  Order Ngalir
Bantul - pastvnews.com  warta ekonomi,dan kerajinan, Poniyo (51) adalah sosok pria yang tinggal di Padukuhan Kerten Kalurahan Imogiri Kapanewon Imogiri Bantul   Yogyakarta  yang mempunyai usaha  unik yakni  membuat Ampo yang terbuat dari tanah liat  yang pasarannya bisa tenbus Pasar besar di Yogyakarta.

 

Ampo sendiri berfungsi untuk menghilangkan rasa pahit pada daun pepaya dan bahan campuran jamu.

 

Ditemui di Kediamanya Padukuhan Kerten  Kalurahan Imogiri  pada hari Rabu 25/01/2023  Poniyo  menjelaskan  bahwa dia mulai Merintis usahanya sejak tahun 2007 awalnya hanya  iseng iseng ikut mertuanya yang juga pembuat Ampo Karena faktor ekonomi memaksa dia harus ikut belajar untuk terus membuat Ampo

 

Tahun 2007 kami berada dalam kesulitan sehingga saya harus menekuni usaha ini walaupun waktu itu sangat sulit bagi saya" ucap poniyo.

 

Semula poniyo menjualnya dengan sistim ecer tapi sekarang sudah tidak lagi karena produknya sudah diambil sama bakul bakul yang selanjutnya setorkan ke pasar pasar di wilayah DIY.

 

Bapak dua anak dari pasangan arun Dwi Astuti ini dalam usahanya tidak banyak menemui kendala dalam pembuatan Ampo cuma ada sedikit kendala yaitu dalam mencari bahan   kadang  kwalitasnya  kurang bagus   " untuk kedala kami hampir tidak ada cuma sedikit masalah kwalitas bahan "pungkasnya.

 

Selain pengusaha Ampo Poniyo juga bekerja di lingkungan perguruan tinggi di yogyakarta sehingga dalam memproduksi  Ampo habis pulang kerja di bantu istrinya yang juga punya usaha sampingan Jualan wedang uwuh dan Produk minuman wedang seruni.

 

Poniyo berharap  usahanya nanti bisa berkambang dan bisa sampai terjual di luar wilayah DIY wag




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi