Kembali Ke Index Video


Telusuri Jejak Pendidikan Di Museum Pendidikan Indonesia

Sabtu, 10 Oktober 2015 | 20:54 WIB
Dibaca: 1781
Telusuri Jejak Pendidikan Di Museum Pendidikan Indonesia
DOK. FOTO ILUSTRASI MUSIUM PENDIDIKAN

Redaksi-media elektronik warta digital PASTVNEWS.COM, Tidak lengkap rasanya sebagai kota pendidikan namun tidak ada yang dapat menjelaskan jejak rekam sejarah pendidikan di Indonesia.

Berangkat dari kegelisahan karena belum adanya lembaga yang dapat mengulas sejarah perkembangan pendidikan Indonesia, almarhahum Prof Dr Sugeng Mardiono Phd kemudian mendirikan sebuah museum.

Sebuah museum yang dapat memberi penjelasan kepada generasi muda akan perjalanan panjang sejarah pendidikan Indonesia. Dan museum itu bernama Museum Pendidikan Indonesia (MPI), yang kini dikelola oleh Universitas Negeri Yogyakarta.

Museum yang diresmikan Sri Sultan HB X  pada medio Juli 2008 ini menempati gedung bekas Rektorat Pertama dan berada di komplek UNY.

Beragam koleski terkait sejarah dan perkembangan pendidikan Indonesia ditampilkan secara utuh, baik di lantai 1 maupun lantai 2 di mana Museum Pendidikan Indonesia (MPI) ini merupakan satu-satunya museum yang menyimpan serta mengoleksi barang-barang bersejarah yang erat hubungannya dengan perkembangan pendidikan di Indonesia.

 Di lantai satu MPI ini berisikan koleksi barang-barang yang bernilai sejarah pendidikan dan perkembangan dalam komuniasi, seperti surat-surat, akta-akta, ijazah, buku-buku pelajaran, perangko, mesin ketik, serta koleksi lainnya.

Sedangkan lantai dua di desain seperti ruang sinema, lengkap dengan LCD, sistem audio, dan screen proyektor, dilengkapi dengan bangku dengan komposisi bertingkat.

Sebagai museum yang memberikan pencerahan, di Museum PendidikanIndonesia juga dilengkapi dengan ruang cinema. Ruang cinema ini pun ditampilkan dengan keren.

Dalam ruang yang digunakan unutuk menonton video ini dilengkapi dengan system Dolby Surround Sounds serta 116 kursi.

Dengan fasilitas yang mewah tersebut, pengunjung dapat menikmatinya hanya dengan membayar sebesar Rp 2.500,- saja perorang.

Meski Museum Pendidikan Indonesia hanya dibuka pada hari Senin-Jumat akan tetapi bagi rombongan yang bermaksud melakukan kegiatan study tour dapat mengunjungi pada hari Sabtu atau Minggu. Keberadaannya yang di tengah kota, akses menuju Museum Pendidikan Indonesia sangat mudah dijangkau. Karena musem ini berada Kampus Pusat Universitas Negeri Yogyakarta, Jln. Colombo No 1, Karangmalang, Depok, Sleman, Yogyakarta.”Anjar”

 




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi