Kembali Ke Index Video


Kalangan generasi muda dan pelajar di daerah perbatasan ‘Bentuk rasa nasionalisme NKRI

Selasa, 24 Oktober 2017 | 08:38 WIB
Dibaca: 377
Kalangan generasi muda dan pelajar di daerah perbatasan ‘Bentuk rasa nasionalisme NKRI
APEL AKBAR DAN UPACARA BENDERA BENTUK RASA NASIONALISME PARA PELAJAR'SD 6 PEMODIS BEDUAI SANGAU KALBAR RUTIN GELAR UPACARA BENDERA

Beduai Kalimantan Barat-media pastvnews.com, untuk meningkatkan rasa  cinta tanah air, dan meneguhkan keutuhan  dan keyakinan akan keberadaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) di kalangan  generasi muda, khususnya di kalangan siswa-siswa  yang berada di perbatasan perlunya penanaman dan pemahaman tentang keutuhan  NKRI.

Indonesia yang merupakan  sebuah negara berkembang dengan jumlah  peningkatan penduduk  yang tinggi.

Penanaman kembali arti sebuah kedaulatan Negara, perlu ada rasa  memiliki akan cinta  tanah air.Penanam tersebut telah dilakukan beberapa  Sekolah Dasar yang berada di perbatasan dua Negara.

Meski dengan kondisi alam yang kadang tidak bersahabat, pengibaran bendera Merah Putih oleh  SD Negeri 6  Pemodis, Kecamatan  Beduai, Sanggau, Kalimantan Barat melakukan upacara bendera. 

Upacara ini dilakukan sebagaimana diungkapkan, Muhamad,  disamping  untuk menanamkan dan menumbuh kembangkan kecintaan pada bangsa dn negara.

Serta menanamkan jiwa nasionalisme di setiap  siswa, “kita tanamkan nilai  patriotisme    sedini mungkin, sehingga akan tertanam  nilai kejuangan dan semangat Merah Putih  di dadaku ada Merah Putih “ ujar Muhamad.

Meski cuaca  hujan namun semangat siswa untuk mengikuti upacara  rutin  yang digelar setiap hari Senin dan hari besar kenegaraan, selalu  melakukan upacara di halaman sekolahan.

Adapun  urutan upacara al,  Pengibaran Bendera Merah Puti satu tiang penuh yang dilakukan  oleh siswa kelas 6 SD N setempat.Pembacaan teks Pancasila oleh Pembina upacara ( Kepsek) yang ditirukan  peserta upacara.

Mengheningkan cipta ,pembacaan  Panca Setia pelajar oleh siswa yang ditunjuk,amanat  pembina upacara, menyanyikan  lagu wajib Indonesia Raya dan diakhiri  doa, serta  pesan pesan moral kepada siswa diantaranya  untuk tetap menjaga lingkungan agar tetap bersih, tingkatkan  belajar.

 Sebagai siswa hendaknya tetap menjaga  nama baik sekolah,  dan selalu memperkokoh  kesatuan dan persatuan,  memperkuat  toleransi sesama  warga sekolah. “ Jagalah persatuan dan kesatuan, demi keutuhan  NKRI,” ungkapnya.  mad/isan

 




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi