Kembali Ke Index Video


Warga Kehilangan Mata Pencaharian Belum Terdata (exclusif eror) 'Pemberian BLT, Dan DD Di Bantul Dinilai Ada Yang Tak Tepat Sasaran

Jumat, 29 Mei 2020 | 19:24 WIB
Dibaca: 528
Warga Kehilangan Mata Pencaharian Belum Terdata (exclusif eror) 'Pemberian BLT, Dan DD Di Bantul Dinilai Ada Yang Tak Tepat Sasaran
M.BADRUN LURAH DESA SELOHARJO BICARA BANSOS TERKAIT WARGA TERDAMPAK

Bantul – PASTVNEWS.COM, lintas sosial, Pemberian Bantuan Sosial (BST) Dana Desa (DD)  kepada masyarakat terdampak Virus Cirona (Covid-19) di wilayah Kabupaten Bantul DIY dinilai tidak tepat sasaran, sehingga masih banyak warga yang seharusnya layak memperoleh namun tidak mendapatkannya.

Di lain segi banyak warga yang sudah memperoleh bantuan jenis lain, akan tetapi tetap mendapatkannya, misalnya sudah dapat PKH.

Ketidak tepatan sasaran itu  diduga terjadi di berbagi desa di Bantul. Misal contohnya  di Sumbermulyo Kacamatan Bambanglipiro dan Seloharjo Kecamatan Pundong juga terjadi hal yang sama", ungkap Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDSI) Kabupaten Bantul, Ani Widayani dan Sekretarisnya M. Badrun, di Bantul, Jumat (29/5/2020).

Menurutnya, dengan adanya permasalahan itu, maka DPC APDESI Bantul telah mengirimkan surat perihal permasalahan bantuaan sosail Covid -19  ke Bapak Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Surat sudah ditanggapi, namun tentang data para penerima bantuan sosial tambahan sudah ditentukan oleh Pemerintah. Sedangkan data dari Desa Sumbermulyo dari hasil Musyawarah Dusun (Musdus) tidak terpakai.

Data dari BNBA Pemerintah DIY ada 811 KK yang ditunjuk  menerima. Sementara hasil Musdus diperkirakan ada sekitar 129 kk yang tidak tepat sasaran atau sekitar 15 persennya", kata Ani Widayani.

Dikatakan,  di Sumbermulyo ada dua warga yang mengembalikan bantuan karena merasa sudah mampu dan   ada warga lain yang layak menerima.

Namun nama penerima tidak bisa digantikan dengan nama lain termasuk oleh warga yang berkriteria Kehilangan mata pencaharian, belum terdata (exclusif eror) dan mempunyai keluarga yang sakit menahun  atau kronis", katanya.

Ia menjelaskan, sementara tentang penyaluran bantuan sosial tambahan dari APBD DIY di Sumbermulyo untuk tahap satu pada hari ini 29 Mei 2020 dilaksanakan di Balai Desa ini. Namun untuk tahap kedua dan ketiga akan dilakukan melalui rekening para penerimannya. Kini petugas juga melayani pembukan rekening untuk persyaratan pencairan itu.

Sementara itu di Kecamatan Pundong terdapat  2.259  penerima BSL (BST) DD. Sedangkan khusus di Seloharjo ada 793 penerima.

Dari mereka sebanyak itu terdapat 19 yang mengembalikannya degan tanpa  keterangan alasan. Sedangkan yang mengembalikannya dengan alasan keterangan sudah dapat bantuan lain ada 103", kata M. Badrun yang juga Lurah Seloharjo.

Menurut Badrun, permasalahan yang dihadapi oleh Pemerintah Desa terkait dengan hal tersebut, dana desa yang tersedia sudah habis . Sementara Pemerintah Desa juga memerlukan dana untuk kegiatan lain yang juga dinilai penting.

Untuk mengantisipasi agar tidak terjadi kesalah pahaman di masyarakat mengenai pemberian bantuan sosial, maka pemdes menggalakan sosialisasi kepada masyarakat melalui para dukuh. Supardi




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi