Kembali Ke Index Video


Batik ‘Shibori’ Piyungan Akses Pasar Hingga Ke Mancanegara

Rabu, 7 November 2018 | 12:05 WIB
Dibaca: 87
Batik  ‘Shibori’  Piyungan Akses Pasar Hingga Ke Mancanegara
EKO SAAT MEMBATIK

Piyungan-media pastvnews.com, warta lintas ekonomi  - Pemasaran dan keberadaan batik "shibori" (lipat) bikinan Anugra Eka Triwahyana (56) dan istri Umi  Hidayah (48) warga Mojosari Srimartani Piyungan Bantul DI Yogyakarta telah memiliki pemasaran yang keberadaannya sudah sampai ke mancanegara diantaranya

Turki dan Jerman. Awal mula saya dan istri memproduksi batik ini  pada saat saya mengajar di MMTC ada dua orang yang berkeinginan untuk diajari membuat.

Dan saya sendiri membuat dua hingga lima lembar  dan diminati oleh konsumen maka sejak sekitar akhir tahun 2016 hingga kini dirinya dalm memproduksi dan produk terus laku" , kata Eko 7 /11/2018.

Menurutnya , meski membuat  batik  shimori harus punya skil, tetapi baginya tidak menjadi soal  karena pihaknya sebagai dosen MMT  punya itu semua.

Sementara Umi Hidayah menuturkqlan tentang proses pembuatan batik lipat. Ini mudah. Mengenai motifnya tergantung selera.

Tergantung pada lipatan kainnya. Lipatannya ada yang segi tga , segi empat atau acak. Maka batiknya juga sesuai dengan itu.

Mengenai harga untyk batik memang relatif  dan tergantuntg pada jenis, motif dan kualitasnya. Namun standarnya Rp.120.000 hingga Rp.150.000 per lembar.

Sementara menurut Camat Piyungan Saroyo Heriyanto, keberadaan batik jenis ini merupakan salah satu potensi di Piyungan yang bisa menjadi andalam komoditi desa, sehingga Ini selalu kami diupayakan supaya terus berkembang.’kata Camat, (supardi)

 




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi