Kembali Ke Index Video


SEJARAH DARI BALIK MUSEUM KRATON NGAYOGYAKARTA.

Minggu, 30 Oktober 2016 | 09:19 WIB
Dibaca: 1850
SEJARAH DARI BALIK  MUSEUM KRATON NGAYOGYAKARTA.
KERETA KERAJAAN

JOGJA PASTVNEWS.COM, MUSEUM yang dikenal selama ini,tidak hanya sekedar untuk menyimpan benda benda mati,usangkaratan, lapuk, kadaluwarsa,ruangan berdebu,pengap dan  termakan usia dan masih banyak lagi sebutan yang kurang enak didengar.

 Namun, di balik itu banyak nilai-nilai yang terkandung  diantaranya ceritera panjang perjalanan sejarah. Yogyakarta dikenal  sebagai  pusat pemerintahan pada masa lalu,  banyak berbagai peninggalandan benda-benda bersejarah  tersimpan.

Museum  tidak  hanya sekedar   “gudang”, tempat penyimpan benda usang,rusak,berdebu,pengap,dan termakan usia, namun  di balik gudang itulah tersimpan nilai-nilai  sejarah, dan edukati bagi pembelajaran generasi muda.

Dari catatan  Barahmus (Badan Musyawarah  Musea) DIY  ada  27 buah museum. Untuk mengetahui, lebih jauh  berikut  kami  sampaikan informasi museum yang ada di Yogyakarta. Menyaksikan dari dekat  museum tergambar dalam imaginasi kita  sebagai layaknya memasuki dunia tersendiri, betapa tidak dari  masing-masing yang disajikan mempunyai  style tersendiri unik dan menarik.

Museum Keraton Yogyakarta yang terletak  tidak jauh dari Alun-alun utara  ini  didirikan oleh Sri Sultan Hamengku Buwana  IX, dengan  nama Bebadan  Museum  Karaton  Ngayogyakarta.

Museum yang terletak di dalam keraton,atas  saran  Sri  Sultan HB IX, dibuka untuk umum, dengan maksud masyarakat  mengetahui.Berbagai benda  peninggalan  sejarah keraton disimpan  tertata apik dan rapi. 

Beberapa  bangunan  di keraton,  yang  nampak sekarang merupakan hasil pemugaran  yang dilakukan oleh  Sri Sultan HB VIII. Andapun dapat menyaksikan   kehidupan para abdi dalem yang  setia menjaga budaya. Berbagai koleksi  di antaranya, Lukisan Raden Saleh, Tandu,Cangkir.

foto-foto, kristal,kereta, kain batik, gamelan pusaka,wayang golek,wayang kulit,tarian,macapat,karawitan   dsb. Adapun jam  buka :  Senin-  Minggu Jam.  09.00 – 13.00. Hari  kebesaran  Keraton TUTUP. Isan Riyanto




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi