Kembali Ke Index Video


Lomba Desa Di Evaluasi Desa Pengkol Mewakili Kecamatan Nglipar Maju ke Kabupaten

Senin, 3 April 2017 | 18:39 WIB
Dibaca: 1636
Lomba Desa Di Evaluasi Desa Pengkol Mewakili Kecamatan Nglipar Maju ke Kabupaten
TIM PKK DAN DARI SKPD

Nglipar-Media Pastvnews.com, Desa Pengkol, Kecamatan Nglipar dalam evaluasi perkembangan desa atau dikenal dengan lomba desa tingkat Kabupaten mewakili Kecamatan Nglipar, Senin, 03/04/2017, berjalan meriah.

Semua potensi desa dari kesenian, kerajinan  sampai produk makanan olahan hasil karya masyarakat Desa Pengkol ditampilkan dalam bentuk bazaar yang diadakan dilingkungan Balai Desa Pengkol.

Suasana semakin meriah sekaligus tegang ketika tim penilai yang berasal dari Kabupaten Gunungkidul datang di Kantor Kecamatan Nglipar sudah mulai disambut dengan puluhan iring-iringan motor oleh karangtaruna desa.

Sampai pintu gerbangpun sudah disuguhkan dengan kesenian reyog sampai menuju Balai Dusun Kebonjero sebagai dusun sample penilaian, puluhan hiburan ada  kesenian jathel, reyog, hadroh, drum band,

barisan bergodo kraton mataram dan beberapa pertunjukan disuguhkan untuk menyambut tim penilai.

Sebagai dusun percontohan Kebonjero menampilkan potensi yang ada diwilayah tersebut seperti usaha kelompok tani,

kelompok ternak sampai membuatan pakan ternak sekaligus potensi gas untuk memasak yang dihasilkan dari kotoran ternak sapi.

Selesai menilai di Padukuhan Kebonjero, tim menuju ke Balai Desa Pengkol sebagai sentral pemaparan evaluasi perkembangan desa. Begitu sampai di Balai Desa Pengkol, tim sudah disuguhkan dengan kelompok ibu-ibu karawitan dari karangsari, Gejog Lesung Wulan Purnomo dari Dusun Pengkol, Senam Sehat Ibu-ibu PKK, Reyog dan Jathil dan Campursari Leak Tone.

Kemeriahan tampak terasa begitu kelompok Jathil dari Dusun Kebonjero dan tari-tari dari Dusun Gagan ditampilkan menyambut kedatangan Kepala Dinas BPMPKB, Sudjoko dan Wakil Bupati Gunungkidul, Immawan Wahyudi.

Ketua Panitia evaluasi perkembangan desa, Muryanto, S.Sos mengungkapkan bahwa lomba desa ini yang terpenting bukan mencari kemenanganya tetapi paling tidak kita menyiapkan segala sesuatu supaya tidak mengecewakan tim penilai.

“Yang terpenting bukan kemenangan, namun demikian kita siapkan supaya tidak mengecewakan tim penilai,”tuturnya.

Ditempat yang sama, Sekretaris Camat Nglipar, Agus Mantara, mengomentari paling tidak ada hikmah dan ada nilai positif bagi Desa Pengkol.

“Paling tidak ada sinergitas antara lenaga-lembaga desa dengan masyarakat, terpupuk kegotong royongan yang kompak dan bersinergi yang positif untuk mewujudkan Desa Pengkol yang lebih baik,”tuturnya.

Hal yang sama diungkapkan camat Nglipar, Drs Witanto,  dalam sambutanya, Juara tidaklah penting, namun kebersamaan dan kekompakan yang sudah dibina selama ini akan dilanjutkan terus demi kemajuan Desa Pengkol.

“Jadi perlombaan ini awal untuk membangun Pengkol, kegiatan semacam ini  akan terus dilanjutkan demi kemajuan Desa Pengkol,” pungkasnya. W. Joko Narendro.




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi