Kembali Ke Index Video


Bantul - Balikpapan Sharing Terkait Smart City Dan Penataan Lingkungan

Kamis, 27 Februari 2020 | 21:29 WIB
Dibaca: 1669
Bantul - Balikpapan Sharing Terkait Smart City Dan Penataan Lingkungan
Asek I Bantul Pulong Hariyadi (kanan) dan Asek Tata Pemerintahan Pemkot Balikpapan Drs Syaiful Bahri (kiri) pada dialog dan sering smart city dan penataan lingkungan di Balikpapan

Balikpapan -  Media online Pastvmews.com, warta lintas daerah, Pemkab Bantul DIY bersama Forum Pewarta Bantul (FPB) DIY, melakukan sharing dengan Pemkot Balikpapan Propinsi Kalimantan Timur mengenai peran smart city dan pers terhadap penataan lingkungan dan kawasan, di Balikpapan, Kamis (27/2/2020).

Sharing kali ini melalui dialog antara  Pemkab Bantul beserta para awak media yang tergabung dalam FPB  dengan  Pemkot Balik papan, diruang pertemuan Pemkot ini.  Rombongan dari Bantul dipimpin oleh Asek I. Ir Pulung Hariyadi. Sedangkan Pemkot Balikpapan dipimpin oleh Asisten Tata Pemerintahan Drs. Syaiful Bahri.

Kali ini kami bermaksud  ingin tukar pendapat, wawasan dan pengalaman mengenai bagaimana penataan  lingkungan terkait dengan peran smart city dan pers yang dilakukan oleh Balikpapan yang bisa diterapkan di Bantul dan barangkali juga sebaiknya", kata IR.Pulung Haryadi.

Menurutnya, Bantul mempunyai banyak potensi yang perlu digarap supaya lebih baik. Disisi lain bahwa Balikpapan dikenal berhasil dan mempunyai banyak prestasi dalam hal penataan lingkuangan yang telah dilakukan", Kata Pulung.

Sementara itu, Syaiful Bahri, mengatakan, Balikpapan yang merupakan Kota Beriman (Bersih, Indah dan Nyaman) merupakan penyangga Kalimantan Timur dan akan didirkannya Ibukota Indonesia di Kalimantan.

Untuk itu yang telah dan terus dilakukan banyak hal diantaranya yng utamanya tentang  penataan dan pelestarian lingkungan.

Ini ditempuh dengan pelarangan reklame di protokol,  pelarangan penambangan, penggunaan plastik untuk penegemasan makanan dengan mempergunakan plastik dan larangan merokok( berlaku di lingkungan Pemkot Balikpapan).

Selain itu juga diterapkan pegolahan sampah di TPA di daerah Manggar . TPA ini justru menjadi obyek wisata menarik berkat pengelahan sampah.

Selain itu  deterapkannya pelajaran pengelolaan sampah di sekolah sebagai muatan lokal (kurikulum). Maka prestasi yang telah diraih oleh Balikpapannbanyak hal  diantaranya memperoleh penghargaan kalpataru sebanyak 21 kali.

Mengenai peran smart city dan pers (media massa) dalam memajukan Balikpapan bahwa pers yang ada relatif sangat berperan dalam ikut mamajukannya", kata Sayitul.

Pada  dialog kali ini juga diikuti oleh Kadiskominfo Bantul Ir. Fenti Yusdayanti MT Kabag Humas dan Protokol Suparmadi M.Si.

Pada kesempatan terpisah Anggota Komisi C DPRD Bantul Roni Wijaya Indra Gunawan SE, yang kebetulan kunjungan  kerja ke Balikpapan, ketika dihubungi per televon, mengatakan, pers dan smart city berperan dalam memajukan Bantul.

Dengan adanya peran pers terkait dengan penataan lingkuangan dan yang lainnya di Bantul tentutunya ada.  Dengan adanya pemberitaan pemberitaan diharapkan insvistor tertarik masuk ke Bantul", kata Roni.

Ia menambahkan, adanya pemberitaan pers tentang berbagai potensi yang ada Bantul bisa lebih dikenal. Peluang yang bisa digarap oleh investor bisa diketahui dan diminati investor. Misalnya TPA Sitimulyo Piyungan juga memerlukan investor yang bersedia menggarap itu meski itu milik Kota Yogyakarta, Sleman dan Bantul. Supardi




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi