Kembali Ke Index Video


Begini Syarat Sahnya Hewan Qurban

Senin, 15 Juli 2019 | 16:01 WIB
Dibaca: 655
Begini Syarat Sahnya Hewan Qurban
SAPI UNTUK KURBAN

Yogyakarta-Pastvnews.com aneka warta. syiar islam, Menyembelih dan menguliti hewan qurban tidaklah sulit. Namun agar sah dan halal tentu tidak semua orang tahu. Agar hewan qurban menjadi halal begina cara.

Hewan qurban yang kita sembelih harus kita pastikan dengan niat yang benar. Orang yang menyembelih harus menyebut nama Allah SWT.

Jangan ada niat menganiaya hewan” jelas Darson dari Juru Sembelih Halal (Juleha) Yogyakarta dalam pelatihan penyembelihan Qurban di FKH UGM.

Ditambahkannya, agar hewan qurban halal harus diperhatikan dengan benar. Dan yang terpenting adalah kita harus memastikan sebelum dikuliti, hewan qurban tersebut sudah tidak bernapas, tidak mengeluarkan darah dan saat dipegang tidak ada gerakan reflek.

“Untuk mengecek gerakan reflek kita bisa cek di bagian kaki belakang. Apakah hewan qurban atau kambing tersebut masih bergerak saat kita pegang kakinya” tandasnya.

Jika terdapat salah satu dari ke tiga tanda-tanda tersebut jangan buru-buru dikuliti. Selain ke tiga hal tersebut agar daging aman dikonsumsi kita juga harus menjaga kebersihan.

Dan di saat penyembelihan selain antara hewan satu dengan hewan yang lain dijauhkan, sebaiknya juga jangan banyak menonton atau melihat saat proses penyembelihan. Terutama penyembelihan sapi” terangnya. (njar)




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi