Kembali Ke Index Video


Peduli Lingkungan Warga Josari Sleman Cerdik Mengolah Limbah Sampah

Senin, 3 Juni 2019 | 09:14 WIB
Dibaca: 97
Peduli Lingkungan Warga Josari Sleman Cerdik Mengolah Limbah Sampah
SAMPAH DI KELOLA MENGHASILKAN RUPIAH

Sleman – media online pastvnews.com, Menjelang Lebaran Idul Fitri 1440 H/2019 M, masyarakat Kampung Josari Desa Tridadi Kabupaten Sleman cerdik mengelola sampah warga di untungkan.

Bersama relawan dari ACT-MRI Minggu 2 Juni 2019 melakukan aksi bersih-bersih kampung dan peresmian Bank Sampah Josari Asri (BSJA) sehingga agenda ini menarik bagi warga.

Sebelumnya masyarakat Kampung Josari telah mendapatkan Pelatihan Pengolahan Sampah agar pengelolaannya menjadi menarik karena Produk  bisa Bernilai Ekonomis bahkan bisa menguntungkan,  pengolahan sampah kini mendapatkan pendampingan secara berkala dari Relawan hingga terbentuk Bank Sampah Josari Asri (BSJA).

Haryadi dari dinas lingkungan hidup, meresmikan Bank Sampah di Kampung Josari di ungkapkan, masyarakat diberikan bimbingan teknis bagaimana teknik pemilahan dan penimbangan sampah pada Bank Sampah Josari Asri.

Sementara itu Koordinator BSJA, Rani memaparkan, di hadapan warga bahwa kegaiatan pengelolaan tidak hanya bagi warga Josari, tetapi semua masyarakat atau komunitas dapat mengikuti program yang tersedia pada Bank Sampah Josari Asri, yaitu program Tabungan Sampah dan Program Sedekah Sampah.

Dibukanya program Tabungan Sampah, tentu dapat meningkatkan kesadaran  masyarakat untuk lebih memanfaatkan sampah dan menjadikannya barang bekas bisa bernilai salah satunya dengan cara menukarkan sampah di rumahnya-masing- masing setiap sebulan sekali.

Wargapun Selang tiga atau enam bulan, tabungan hasil dari sampah bisa digunakan untuk keperluan masyarakat. Sedangkan, sedekah sampah akan dimanfaatkan untuk program sosial, pendidikan, layanan kesehatan dan aksi kemanusiaan melalui Aksi Cepat ‘ tambahnya.

Hasil investigasi serta Data Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Piyungan tercatat jumlah sampahnya setiap hari  kisaran  600 ton dimana sampah di suplai dari Bantul, Sleman dan Kota Yogyakarta. Dengan adanya Banyak Bank Sampah di DIY dapat mengurangi beban Sampah di TPA Piyungan, sekaligus juga menjadi pemberdayaan masyarakat .’Nasact/tim red’




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi