Kembali Ke Index Video


Sultan jamu makan malam peserta jde gunakan bahasa jawa ngoko and bahasa inggris

Senin, 24 April 2017 | 08:23 WIB
Dibaca: 1456
Sultan jamu makan malam peserta jde gunakan bahasa jawa ngoko and bahasa inggris
SULTAN JAMU PESERTA JDE DI PAGELARAN KRATON YOGYAKARTA

MEDIA ONLINE PASTVNEWS.COM, BARANGKALI Lintas sosial baru kali ini seorang raja  Keraton  Yogyakarta dalam setiap  event menggunakan  dialog bahasa  Jawa ngoko, Sabtu,  22/4/2017 yang  dikenal dengan seuta Ngarso dalem menjamu  tamu dalam  Dinner dan Dialog with  Sri Sultan   HB X  yang berlangsung di  Pagelaran keraton Yogyakarta.

Dalam kesempatan tersebut,  Sultan menerima   tamu  dalam Javanese  Diaspora Event III yang diadakan setiap dua tahun sekali. Dalam sambutan  berbahasa  Jawa Ngoko  Sultan mengakui merasa  bingung “Sebenere aku bingung arep ngomong ngoko,” kata Sultan HB X yang langsung disambut gelak tawa hadirin yang sebagian besar merupakan keturuanan Jawa yang tinggal di luar negeri yang  hanya mengerti  Bahasa  Inggris dan  Bahasa Jawa.

Terekam oleh media pastvnews.com ini dalam dialog tersebut Sultan HB X berpesan dalam bahasa  Jawa Ngoko, “Sedulur-sedulur teko ana ning tlatah Jogja tur ketemu karo aku, nek wis pada bali ana ing papane dewe-dewe tetap ana terusane nggone mbangun hubungan paseduluran supaya tetep sambung lan ora cuntes mergo didasari komitmen anggone nindaake supayo budayo jowo tetep biso dilakoni.” kata Raja  Yogyakarta.

(Saudara-saudara datang ke Jogja terus ketemu dengan saya, kalau sudah pulang di daerah masing-masing  tetap ada kelanjutannya untuk membangun hubungan persaudaraan agar saling terhubung serta tidak putus. Karena didasari komitmen agar budaya Jawa bisa terus lestari), ” kata Raja  Yogyakarta.

Menurut Sultan, pentingnya  saling mejaga komunkasi sesama warga Jawa baik yang ada di jawa maupun luar negeri dan tetap bersemangat  nguri-uri  kabudayaan Jawa. Sebagaimana dituturkan peserta  JDE ke -3 Roeki  Kartomedjo,  maupun Esther Sastrowidjojo yang tinggal Fresco 28  2907DC Capella A/D Yssel Netherland, mengungkapkan kegembiraan dan keharuannya dapat bertemu dengan Sri Sultan.

           Kesediaan Sri Sultan menyambut orang-orang Jawa dari seluruh dunia diungkapnya menambah rasa hormat kepada Sri Sultan. Dia berharap dapat bertemu dengan Sri Sultan dalam waktu yang lama.

Hal senada  juga  dialami, Jakiem Asmowidjojo yang berasal dari Suriname. Baginya bertemu dengan Sri Sultan merupakan kebahagiaan tersendiri, keinginan untuk bertemu  memang sudah sejak lama, namun baru kali ini.” Tadi aku sempet  salaman karo Sultan “ ungkap  Jakiem  bangga. Isan Riyanto

 

 

 

 




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi