Kembali Ke Index Video


Pariwisata Kunci Menuju Kesejahteraan

Minggu, 14 Juni 2015 | 12:49 WIB
Dibaca: 1790
Pariwisata Kunci Menuju Kesejahteraan
TARIAN WISATA YANG MEMPESONA

Portal berita online PASTVNEWS.COM, Pariwisata saat ini bisa menjadi kata kunci menuju pembangunan guna kesejahteraan serta kemakmuran masyarakat, sehingga di saat terjadi krisis ekonomi global, kunjungan wisatawan global tetap mengalami pertumbuhan signifikan.

Oleh karenanya di berbagai dunia kepariwisataan menjadi andalan mereka dapat meningkatkan devisa negara. Hal ini diungkapkan  Staf Ahli Mentri Pariwisata RI, Hari Untoro Dradjat, dalam seminar dalam rangka Musda ke 7 Kadin DIY.

Hari Untoro menambahkan kepariwisataan menjadi andalan karena multi player efect ditimbulkan dari sektor  ini sangat dirasakan dampaknya secara langsung. Diantaranya terciptanya lapangan kerja, pnegembangan usaha hingga infrastruktur yang kesemuanya arahnya kepada kesejahteraan masyarakat.

“Saat ini jumlah wisatawan dunia mencapai 1,1 miliar kalau Yogyakarta bisa mendatangkan 2 juta saja maka memberi keuntungan yang besar untuk pengembangan serta kesejahteraan masyarakat Yogyakarta”  ungkapnya.

Yogyakarta, sambung Hari Untoro, memiliki semua keunggulan destinasi wisata karena Yogyakarta dan Jawa Tengah memiliki semua yang menarik bagi setiap wisatawan. Di sini ada wisata heritage, budaya, panorama alam, batik serta berbagai kerajinan.

Akan tetapi di balik keunggulan-keunggulan tersebut, keunggulan sisi kooperatif di sisi lain keunggulan kompetitifnya masih lemah. Sehingga banyak wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta bukan merupakan wisatawan langsung namun mereka sebelumnya telah mengunjungi daerah atau propinsi lain, misalkan dari berwisata di Bali dan singgah di Yogyakarta.

Sementara  itu mantan wakil menteri Pendidikan dfan Kebudayaan RI 2011-2014, Wiendu Nuryanti mengatakan untuk menarik dan membangkitkan wisatawan agar langsung berkunjung ke Yogyakarta harus diciptakan produk baru.

Lebih jauh Wiendu mengingatkan, serapan cindera mata yang dijadikan oleh-oleh dari Yogyakarta masih rendah, di bawah 10%. Untuk meningkatkan hal tersebut perlu ada kerja sama serta sinergi pelaku wisata, salah satunya dengan memajang cindera mata di hotel maupun di bandara. Anjar




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi