Kembali Ke Index Video


Spirit of Localness Dalam Semangat Perupa

Selasa, 2 Juni 2015 | 18:47 WIB
Dibaca: 1506
Spirit of Localness Dalam Semangat Perupa
lukisan pameran foto lokalness

Di ilhami kesuksesan pergelaran atau pameran yang bertajuk Spirit of Localness 2014, Media digital online PASTVNEWS.COM, Daun Pintu Forum (DPF) kembali mengelar pameran dengan tajuk yang sama, Spirit of Localness 2, di Rumah Budaya Tembi. Pameran yang digelar sejak 27 Mei dan berakhir 9 Juni ini melibatkan 27 perupa.

Isu lokalitas sengaja diangkat guna mengelorakan semangat pada pelestarian budaya lokal dengan segala kelebihannya. Karena mereka menyakini kekuatan serta kearifan lokal dapat dijadikan spirit dalam berolah seni dan dialog yang akan serta melesatarikan tradisi

Melalui goresan kuasnya mereka mencoba mengurai berbagai macam isu serta kasus yang terjadi pada lingkungan di sekitar.

Selain itu lewat seni gores yang meraka pamerkan juga ingin meneguhkan sikap bahwa persoalan lokal tradisional tidak saja mengusung budaya atau produk tradisional masa lalu akan tetapi apa yang terjadi hari ini adalah penting dan harus dicatat sebagai bagian di dalamnya.

Dan ketika kita mencermati satu demi satu tradisi atau kelokalannya bagi para perupa hal ini menjadi tantangan dalam mereka menvisualisasikan sebuah karya.

Salah satunya terpajang dalam karya Heri Dono yang mengoreskan perpaduan (re)tradisi serta kelokalan yang bicara budaya dalam bungkus realitas social politik. Sehingga karya Heri Dono ini terasa lebih memiliki greget dan menohok.

Namun menurut Mikke Susanto spirirt of localness sesunguhnya bukan saja pada perkara budaya dan pola hidup masyarakat dalam skala besar akan tetapi setiap perupa yang perpola pikir juga masuk di dalamnya.

Karena perupa adalah entitas penting dalam lokalitas semacam ini dan pameran ini seharusnya juga untuk mengkitisi semua elemen. anjar

 




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi