Kembali Ke Index Video


Gunungan Wayang Mugiman Seharga 1250.000 , Siapa Saja Pembelinya ?

Jumat, 22 Mei 2015 | 08:43 WIB
Dibaca: 1574
Gunungan Wayang  Mugiman Seharga 1250.000 , Siapa Saja  Pembelinya ?
BAPAK MUGIMAN PERAJIN DAN PENGUSAHA KULIT DAN SENI WAYANG

Pucung Media - Pastvnews.com, Seni ukir dengan bahan utama kulit banyak di lakukan oleh para perajin di Pucung Wukirsari Bantul.

Para perajin di daerah sini mengukir kulit untuk di jadikan sauvenir dan wayang kulit sebagai cindera mata para seniman.

Bapak Mugiman (50) ketika memberikan info seputar kerajinannya yang menjadi andalan usaha menjelaskan, Totalitas karya seni ukir kulit banyak lari ke luar daerah, bahkan para pembelinya juga banyak yang datang dari manca negara lewat agen agen biro wisata.

Di Pucung dan di rumah saya banyak ragam wayang, ada wayang kayu, kulit, wayang mini, wayang mahnet dan wayang jenis jenis lainnya.

Untuk lebih menggerakan dan membudayakan warisan adiluhung seni wayang kedepan juga akan menggelar event event selain akan mengakat potensi seni sebagai ruang promosi, dan kami juga akna me ngangkat desa wisata agar lebih maju, kata Mugiman yang di temuai di dengkeng wukirsari tersebut.

Di lain hal perajin sekaligus pelestari wayang ini juga menjelaskan, untuk gunungan kelas wayang di pentas pedalangan seperti ini 1 buahnyaRp. 1250.000, besar kecilnya lukisan tangan  tergantung dan motif akan mempengaruhi harga.

Di Pucung ada empat padukuhan yang menjadi perajin kulit, dan 2 padukuahn dengkeng dan jatirejo terbilang besar dan produknya  banyak di beli oleh orang luar, "pungkas Mugiman, kamis 21 Mei 2015. tim red




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi