Kembali Ke Index Video


TARI FKY EDAN-EDANAN AWALI PEMBUKAAN EDAN-EDANAN ?

Kamis, 20 Agustus 2015 | 20:28 WIB
Dibaca: 1968
TARI  FKY EDAN-EDANAN AWALI PEMBUKAAN  EDAN-EDANAN ?
tari pembukaan fky 2015

MEDIA WARTA DIGITAL-PASTVNEWS.COM, TARI edan edanan yang menjadi ikon  Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) ke 27  mengawali  pawai yang digelar di sepanjang jalan Kaliurang, star dari PKKH  Bulaksumur, dan berakhir I  Taman Kuliner, Condongcatur.

Di sepanjang jalan Kaliurang masyarakat yang menyaksikan  cukup antusias, mahasiswa baru UGM ikut menyaksikan  tahunan. Dalam sambutan,  Ketua Umum   FKY, Ishari  Sahida menyatakan  dipilihnya  taman kuliner Condongcatur sebagai ajang FKY, ke 27, Condongcatur  dengan kondisi  lingkungan  masyarakat  urban yang cukup sibuk dengan aktivitas keseharian masyarakat  modern.

 Di isi lain,  masyarakat  setempat terhimpit  oleh bangunan  megah. “ FKY  berkotmen event  ini tidak  hanya  menjadi media berprestasi yang tidak berdampak, tetapi  kesejahteraan masyarakat kreatif  mewujud dalam setiap  bauran program,” ungkapnya.

Diharapkan,  adinsi menjadi target  mampu menyerap  visi dan misi FKY sebagai pelestari dan pengembangan  seni  budaya yang  tumbuh di DIY.

Sementara itu,  Kepala Dinas Kebudayaan  DIY, Drs. Umar  Priyono dalam sambutannya menyatakan,pelaksanaan FKY  tahun  in  meruapaka kerja sama  pemerintah dan masyarakat.

FKY ke 27 dibuka oleh Sekda DIY, Ichsanuri dengan secara  simbolis  melepas  arak arakan peserta pawai yang berjumlah  30  grup  kesenian  dengan berbagai karakteristik. Sebagian besar menggelar  topeng berujudan  Edan-edanan.

 Dalam panggung tampil sebagai penyaji malam pembukaan diantaranya Sangar  TraiSekarArum,Mila Art Dance, Karawitan Canda Nada dan Syimpony  Orchestra, Yogyakarta.  Sebuahkarya kreatif  meramaiak p FKY  sejak tahun  2013, tahun  ini membuat  karya  di salah satu gedung  bersejarah  di Yogyakarta.

Selain itu   ditampilkan visual visual indah.Pelaksanaan FKY akan berakhir  hingga 5 September 2015. Pameran PAPERU mulai 26-31 Agustus  2015,  tajuk Paperu Laras yang merupakan karya   keslearasan hidup  akan  digelar  di Sasana Hinggal pada 26 Agustus  2015. Sebuah karya  kolektif  Jogja  Video Mapping Program (JVMP)  akan digelar  di Taman Kuliner , DPRD DIY dan Panggung Krapyak  pada  27 Agustus 2015.

Teater Kalanari  akan di gelar dibekas  gedung Bioskop Permata  27  Agustus 2015. Selain menawarkan produk lewat pasar seni di Pusat Kuliner Condongcatur,  juga diadakan pameran, diskusi, pembacaan  karya sastra loka karya dan peserta terbuka untuk umum.

 FKY   kota Yogyakarta diadakan  di Plaza Pasar Ngasem pada 1 – 4 September 2015. FKY Gunung Kidul  Alun-alun  Wonosari, pada 22-27  Agustus  2015. FKY Sleman  di Lapangan Sendangadi,Mlati  pada 21-23 Agustus 2015, sastra  FKY  merupakan kegiatan karya sastra dan akan menampilkan sastrawan muda   di selenggarakan  22-24 Agustus 2015 Jm  19.00 -  22.00 WIB.

Teater FKY  diadakan  23-25 Agustus 2015, FKY Bantul  di Imogiri Sewon pada 20-26 Agustus  2015,  dan FKY  Kulonprogo di Alun-alun Wates pada 22 -25 Agustus  2015. santri




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi