Kembali Ke Index Video


Mengenal Seputar Budaya Tionghoa di Jogjakarta

Sabtu, 3 Mei 2014 | 14:44 WIB
Dibaca: 1371
Mengenal  Seputar Budaya Tionghoa di Jogjakarta
KOHBING (R.HERIANTO KURNIAWAN) PENGUSAHA DAN TOKOH EMAS KRANGGAN JL ADISUCIPTO

Yogyakarta - PASTVNEWS.COM, Warga Tionghoa sering menunjuk  kreatifitasnya, baik  kegiatan social, keagamaannya serta kebudayaannya, sehingga secara umum warga Jogja makin dekat dengan mereka.

Media pastvnews menyempatkan bincang bincang dengan salah satu tokoh Tionghoa atau Dia di kenal sebagai Pengusaha Toko  Emas Kranggan di jalan Adi Sucipto 46 Yogyakarta.

Dalam perbincangan dengan media PAS TV NEWS.COM ini, Kohbing menyampaikan, Yaa memang  kebudayaan kami sering kami tonjolkan agar kita saling mengenal, dan seperti halnya pada acara pekan budaya yang di prakarsai dan di gelar di jalan Ketandan Malioboro  1-15 Februari 2014  lalu, oleh Jogja Chinese Art and Culture (JCACC) merupakan bagian agenda  penting.

Acara tersebut  telah menjadi Ikon wisata Budaya Yogyakarta untuk merayakan imlek setahun sekali dengan acara puncak Penanggalan Tionghoa “kata Koobing

Lebih lanjut Kohbing merinci, tahun 2014 ini merupakan acara ke -9 yang di gelar di kawasan Ketandan Pecinan lama.

Info bagus yang menjadi tonggak sejarah ialah di kawasan ini telah berdiri  gapuro megah dengan ciri khusus warna merah selain ada ornamennya telah menjadi bagian cirri khusus Kampung Tionghoa, kata Kohbing.

Pada tahun 2013 Warga Tiong Hoa juga menggelar acara semirip sebab ada Dragon Festifal serta pemilihan Cici  dan Koko, dimana kegiatan tersebut tak sebatas dari Kami akan tetapi terbuka untuk umum.

Sedang acara yang lain misalnya membuka festifal makanan, kemudian pesertanya terdiri dari  14 pemilik kuliner Tionghoa di Yogyakarta juga telah terselenggara.

Selain itu pada tahun 2013 juga ada museum rekor Muri karena berhasil memecahkan tumpeng Kue Keranjang , dengan di iringi kesenian Nga sepanjang 132 meter.

Nah terkait naga tersebut di perankan dan di usung oleh 200 orang anggota TNI dan Polri, beragam kegiatan tersebut jelas merupakan bagian dari atraksi budaya selain juga menjadi hiburan untuk saling mengenal papar Kohbing atau R. Herianto Kurniawan kepada PASTVNEWS.COM, 2 Mei 2014 di rumah sekaligus tokonya tersebut.  

Masih  adanya lanjutan Kegiatan budaya  Tionghoa dan tampilnya ragam seni,  tentu menjadi bagian kegembiraan tersendiri, oleh sebab itu lantas kami juga membentuk hiburan yang lain seperti  Kranggan Band yang  identik  menampilkan lagu koes plusan yang para pemainnya merupakan putra putri Perwacy dan anggota Tionghoa yang lainnya.

Mengenal budaya Tionghoa masih akan berlanjut dan akan di muat setiap hari sabtu “ fid




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi