Kembali Ke Index Video


MUSEUM PURA PAKUALAMAN

Minggu, 30 Oktober 2016 | 08:23 WIB
Dibaca: 2062
MUSEUM PURA PAKUALAMAN
KRATON PAKUALAMAN NGAYOGYOKARTO HADININGRAT

Media online pastvnews.com, update warta mosium kraton ada baiknya jika belum pernah ke Yogyakarta maka bisa menyinggahi musium yang satu ini letaknya  1 km  arah ke timur, terdapat museum  Pura Pakualaman, museum ini merupakan  museum  yang usia tidak jauh berbeda dengan museum Keraton sebagaimana diungkapkan, KPH Indrokusumo, museum ini khusus   hanya berisi koleksi milik  Pura Pakualaman.

Namun isi museum ini menggambarkan  budaya  dan sistem pemerintahan  di Kadipaten Pakualaman.Museum ini berada di bawah  naungan Bebadan Museum Pakualaman.Atas persetujuan  Sri Pakualam VIII, tahun 1981 diadakan  pembenahan museum.

Meski  pada awalnya museum  ini belum tertata  setelah menyusul  turunnya rekomendasi dari  pemerintah dan memberi bantuan tenaga  kosultan dengan tujuan agar museum dapat  menjadi  daya tarik bagi pengunjung untuk lebih mengenal  museum Pakualaman. Dan sejak saat itu  sejumlah  benda koleksi  museum dikumpulkan.

Museum Pura Pakualaman menempati tiga ruang pameran terletak di depan pendapa  sayap timur,  komplek Pura Pakualaman.Untuk  memasuki  kompleks tersebut kita harus  melewati gerbang  Regol  Wiworo Kusumo Winayang Rekso yang berarti  keselamatan, keadilan dan  kebebasan.

Beberapa koleksi melengkap museum diantaranya,naskah-naskah kuno termasuk terjemahan perjanjian  politik sebagai dasar  berdirinya   Pura Pakualaman.Foto-foro dokumentasi, serta peralatan dapur.

Selain itu terdapat pusaka kerajaan  seperti,  Singgasana Sri Paku Alam I,paying  songsong Bharad dan songsong Tunggu Naga, tombak dan perisai yang digunakan  dalam tarian  Bodo Yudha, serta  busana kebesaran Raja-raja  Pakualaman.

Terdapat  juga  koleksi  kerta kerajaan, diantaranya Kyai  Roro Kumenyar dan Kyai  Manik  Kumoro yang digunakan setiap  Pura Pakualaman mempunyai hajat,seperti penobatan Paku Alam baru.

Anda juga dapat membaca sastra –sastra  Jawa atau buku langka di perpustakaan museum  Pura Pakualaman  yang buka setiap hari Senin - Kamis  pukul 09.00 – 14.00 WIB. Isan Riyanto




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi