Kembali Ke Index Video


Sri Sultan Kukuhkan KGPAA Paku Alam X Sebagai Pendekar Perisai Diri

Jumat, 27 Mei 2016 | 15:10 WIB
Dibaca: 3756
Sri Sultan Kukuhkan KGPAA Paku Alam X Sebagai Pendekar Perisai Diri
dok foto bersama dalam pengukuhan lingkungan kraton Jogja

Media PASTVNEWS.COM, Sri Sultan Hamengku Buwono X akan melantik KGPAA Paku Alam X sebagai pendekar Pendekar Silat Perisai Diri. Selain melantik KGPAA Paku Alam dalam kesempatan yang sama, Raja Yogyakarta tersebut juga akan melantik Marsda Ras Rendro Bowo Sukmono.  Marsda Ras Rendro Bowo Sukmono sendiri merupakan salah satu petinggi di jajaran TNI AU yang menekuni Silat Perisai Diri sejak kelas 2 SMP.

Ketua Dewan Pendekar Silat Perisai Diri DIY, Sunardi Sindumintono didampingi Ketua Umum Perisai Diri DIY, Bambang Susilo mengatakan dengan dilantiknya KGPAA Paku Alam X menjadi pendekar diharapkan KGPAA Paku Alam akan memberikan sumbangsih serta diharapkan dapat mendukung perkembangan silat Perisai Diri secara nasional maupun internasional.

Sunardi menambahkan pelantikan KGPAA Paku Alam X ini selaras dengan sejarah silat Perisai Diri yang dikembangkan oleh Raden Mas Soebandiman Dirdjoatmodjo yang merupakan keluarga besar Pura Pakualaman.

 

sri sultan pasang pemakaian sabuk merah ke kgpaa paku alam x

Sunardi juga menjelaskan terhimpunnya kekuatan budaya nusantara dalam Perisai Diri diharapkan makin memperkuat Perisai Diri sebagai salah satu budaya luhur karya terbaik bangsa ini. Oleh sebab itu diharapkan pula bangsa ini mau kembali mempelajari budaya sendiri yang sudah jelas sesuai dengan karakter masyarakat yang beradab ketimuran, penuh santun, dan tepa selira sehingga keluhurannya tidak luntur oleh zaman.

Sementara itu Ketua Umum Perisai Diri Yogyakarta Bambang Susilo menambahkan disamping pelantikan dua Pendekar Silat Perisai Diri, pada malam harinya juga dilangsungkan sarasehan yang membahas teknik dan latihan yang mendatangkan narasumber dari lintas generasi. Mulai dari pendekar historis, pesilat yang pernah mendapat bimbingan langsung RMS Dirdjoatmodjo,pelatih muda hingga pesilat yang mengembangkan olah gerak dalam balutan seni musik.

Pelantikan dua Pendekar Silat Perisai Diri sendiri akan berlangsung di Bangsal Srimanganti Kraton Ngayogyakarta. Dalam acara ini akan dihadiri 50 pendekar silat Perisai Diri serta 100 orang pengurus Silat Perisai Diri yang tersebar di seluruh Indonesia dan komisariat luar negeri.

Hingga saat ini Silat Perisai Diri telah terbentuk pengurusan di 26 propinsi serta 11 komisariat luar negeri, yakni Australia, Jepang, Amerika Serikat, Brunai Darussalam, Timur Leste, Thailand, Iran,  Jerman, Swiss, Perancis, Inggris, Swedia, Spanyol, Belanda dan Belgia. Anjar/isan




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi