Kembali Ke Index Video


PBI UMB Yogyakarta Gelar Workshop Skll Bahasa Bersama itel

Kamis, 4 Juli 2019 | 22:07 WIB
Dibaca: 756
PBI UMB Yogyakarta Gelar Workshop Skll Bahasa Bersama itel

Yogyakarta -Media online Pastvnews.com - Lintas Pendidikan - Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Mercu Buana Yogyakarta (PBI UMBY) mengadakan  workshop bersama  ICT.

Kegiatan ini berlangsung Kamis 4  Juli  hingga Jumat 5 Juli 2019, dengan mengambil tema “Developing Core Skills for Teachers by Incorporating ICT into Classroom” diadakan di kampus I UMBY Jl. Wates km 10, Sedayu, Bantul, D.I Yogyakarta.

Awak media Pastvnews, melaporkan, kegiatan ini berlangsung berkat kerja sama antara PBI UMBY dan i-TELL (Indonesia Technology-Enhanced Language Learning) yang merupakan asosiasi untuk para pendidik bahasa, praktisi, cendikiawan dan penggemar teknologi pendidikan.

Kegiatan ilmiah ini, merupakan titik awal program studi Pendidikan Bahasa Inggris untuk memperkenalkan calon lulusan prodi yang berbekal keahliannya dalam EduTech dalam pembelajaran di kelas,"  jelas Elysa Hartati, M.Pd., Ka. Prodi PBI UMBY dalam sambutannya.

 Menurutnya, dengan belajar bersama dalam workshop ini harapannya perkembangan teknologi yang makin canggih ini bisa dimanfaatkan dengan bijaksana.

Pembaharuan ilmu dan keterampilan akan pemanfaatan teknologi dalam pengajaran semacam ini, memang sangat penting dalam menghadapi era industri digital.

Hal ini penting, maka dapat dilihat dari antusiasme peserta yang mendaftarkan diri dalam kegiatan ini. Tidak kurang dari  82 peserta yang mengikutinya. Mereka datang dari berbagai macam latar belakang pendidikan, pekerjaan bahkan juga asal daerah yang berbeda-beda.

Peserta dari luar Yogyakarta di antaranya berasal dari Bandung, Purbalingga, Jakarta, Kebumen, Tuban dan Martapura. Sedangkan dari wilayah Yogyakarta sendiri ada yang dari Sleman dan Kulonprogo.

Tidak hanya para guru yang antusias mengikuti workshop. Namun terdapat  juga dosen, tutor bahasa Inggris serta mahasiswa yang turut menaruh antusiasme tinggi terhadap kegiatan workshop ini.

Pada kesempatan kali ini PBI UMBY bersama i-TELL menghadirkan beberapa fasilitator seperti Dr. A. Gumawang Jati dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Shelia Anjaraini, M.Pd. dari Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Agus D. Priyanto, M.CALL. dari Univeritas Sebelas Maret (UNS) dan salah satu dosen pendidikan bahasa Inggris UMBY,Daniel Widhiatama M.Hum," tambah Elysa.

Dijelaskan, workshop ini menghadirkan suatu metode yang dapat meningkatkan kemampuan guru dalam mengajar di kelas dengan memanfaatkan teknologi terkini.

Secara khusus, kegiatan ini memberikan wawasan kepada para praktisi pendidikan, khususnya dalam bidang Bahasa Inggris mengenai cara memanfaatkan teknologi dalam proses pembelajaran di kelas.  

Misalnya melalui penggunaan Virtual Glass dan  Artificial Intelligence (AI) yang dalam bahasa Indonesia disebut sebagai kecerdasan buatan.

Dengan demikian, diharapkan para guru dan praktisi pendidikan pada umumnya menjadi siap menghadapi para siswa yang sangat lekat dengan penggunaan gawai dan internet di era industri digital seperti ini.’Supardi




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi