Kembali Ke Index Video


Guna Menjalankan Efesiensi Pembayaran Bi Terbitkan GPN

Jumat, 3 November 2017 | 21:22 WIB
Dibaca: 1315
Guna Menjalankan Efesiensi Pembayaran Bi Terbitkan GPN
Guna Menajalankan Efesiensi Pembayaran Bi Terbitkan GPN

Media pastvnews.com, guna memudahkan dan meringankan masyarakat, terutama pelaku industri, Bank Indonesia menerbitksan peraturan mengenai Gerbang Pembayaran Nasional ( GPN)  atau National payment Gateway.

Dimana GPN ini bertujuan untuk melakukan efisiensi di dalam hal pembayaran terhadap pelaku industri karena infrastruktur sistem pembayaran banyak terfragmentasi yang menyebabkan pembengkakan biaya.

Menurut Direktur Eksekutif Pusat Program Transfoermasi Bank Indonesia, Aribowo Peraturan BI No 19/8/PBI/2017 pada 20 Juni 2017diterbitkan pada September 2017 tentang  GNPini diterbitkan agar infrastusktur, kelembagaan,  intrumen dan mekanisme sistem pembayaran nasional dapat tertata dengan lebih baik.

“Adanya GNP ini banyak manfaatnya akan dirasakan masyarakat nantinya. Seperti ketika melakukakan pembayaran uang kembalian tidak bisa digantikan digantikan dengan barang lain, masyarakat tidak perlu membawa uang cash yang banyak dan bagi operator jalan tol, tidak kerepotan mecarikan uang kembalian yang pas dan tentunya  ketika di pintu tol akan mengurangi kemacetan atau antrian” tambah Aribowo di sela-sela sosialisasi GNP di Kantor BI Cabang Yogyakarta.

Selain itu, sambung Aribowo saat awak media pastvnews.commengadakan wawancara, lebih lanjut Ari menambhakan keuntungan bagi Bank Indonesia adalah akan mengurangi ongkos cetak uang.

Oleh karena itu diharapkan hal ini dapat segera diimplemetasikan meski saat ini baru tahapujicoba dan baru diujicobakan di jakarta. Akan tetapi kami menargetkan pada 2022 GNP ini sudah terlaksana secara nasional.

Menjawab pertanyaan awak media sudah berapa Bank yang saat ini sudah mengeluarkan kartu GNP ini, Aribowo menyebutkan  ada tujuh bank nasional dan tiga bank swasta. Bank-bank tersebut antara Bank BCA, Mandiri, BNI, BRI, Bank Artha Graha, dan Bank Niaga.

“Nantinya ada tiga jenis kartu yang diterbit oleh masing-masing bank, yakni kartu segmen domestik, segemen Bansos dan segmen Global. Kartu segemen domestik dan bansos ini dapat digunakan untuk pembayaran di dalam negeri. Sedangkan segmen Global dapat digunakan untuk pembayaran di luar negeri” tutupnya. anjar

 

 




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi