Kembali Ke Index Video


Rakor Pelestarian Cagar Budaya Mengangkat Citra Kunjungan Wisatawan ke Indonesia

Sabtu, 9 September 2017 | 08:26 WIB
Dibaca: 1380
Rakor Pelestarian  Cagar Budaya  Mengangkat  Citra Kunjungan Wisatawan ke Indonesia
RAKOR MENDUKUNG KEBUDAYAAN Media pastvnews.com, warisan budaya merupakan tanggung jawab untuk melestarikan nilai luhur   nenek moyang, warisan  masa  lalu sarana untuk mempelajari, menelusuri sejarah budaya masa lalu yang perlu  dilestarikan keberadaan.

Sehingga benda  cagar  budaya sebagai merupakan inspirasi,bagi kelanjutan perjuangan dan menjauhkan keserasian  yang dapat mengakibatkan kemiskinan budaya.

Demikian sambutan Sekretaris Daerah  Ir. Gatot Saptadi,  dalam pembukaan pengantar  Rakor Pelestarian Cagar Budaya  di Yogyakarta, di  hotel Pesona,  Yogyakarta (Kamis, 7/9/2017). 

Dikatakan,perlu ditumbuh kembangkan,selalu diperhatikan  keserasian, kesinambungan serta beberapa aspek sosial budaya. Kedua aspek tidak bisa dipisahkan untuk mendukung pelestarian,  bantuan dari masyarakat sangat diperlukan,karena pada hakekat pertalian  budaya  tersebut menjadi tanggung jawab bersama. “ Sebagai bangsa yang besar   dan berbudaya mari kita lestarikan warisan bangsa.” Ungkapnya.

BER FOS RIA USAIA RAPAT KOORDINASI KEBUDAYAAN

Sementara  dalam sambutannya, Asisten   Deputi Warisan  Budaya  Kementerian  Koordinator Bidang  Pembangunan  Manusia dan Kebudayaan  (Kemenko PMK) Dr.Ir.  Pamudji Lestari,M.Sc, mengatakan di  DIY memiliki cagar budaya yang  banyak dan tersebar  di empat kabupaten  dan kota.

Mempunyai andil besar dalam  meningkatkan  kesejahteraan rakyat, terutama  di sekitar kawasan wisata. Di samping itu  pariwisata  sebagai  wahana  bagi masyarakat untuk  meningkatkan rasa cinta tah air,  menjaga kelestarian lingkungan dan  menjaga nalai-nilai  tradisi  dan sosial budaya.”untuk mengoptimalkan upaya pelestarian  cagar budaya koordinasi  antar  seluruh  pemangku  kepentingan  terus ditingkatkan.”  Ungkapnya.

Prof. Ir. Wiendu   Nuryanti, M.Arch,PhD, pakar  Budaya  UGM  tema  Peran  Perguruan Tinggu  dalam Pelestarian  Cagar Budaya.

 Di harapkan melalui rakor yang diselenggrakan,  dapat dihasilkan rumus- rumusan  pelestarian yang strategis agar  cagar budaya  tetap utuh dan lestari, dapat  mengubah citra  dan wajah  cagar budaya  Indonesia. isan/lanjar




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi