Kembali Ke Index Video


Calo Genteng Godean Mematikan Perajin "Banyak Perajinnya Kualitas Juga Beda Beda

Jumat, 15 Mei 2015 | 22:19 WIB
Dibaca: 2228
Calo Genteng Godean  Mematikan Perajin "Banyak Perajinnya  Kualitas Juga Beda Beda
MBAH SURADAL PERAJIN GENTING MUNENGAN GODEAN

Godean media online PASTVNEWS.COM, Perajin genteng yang satu ini jika musim penghujan malah gembira karena hasil cetakan gentingnya malah berkualitas. Mbah Suradal seperti dalam muatan ini tinggal di Munengan 06/Rt 02/14 Sidoluhur Godean, mengaku harga genteng musim hujan menurut pengalaman lancar.

 Meski demikian kata Dia  tahun 2015 saat ini baru sepi hal ini karena situasi ekonomi pas pasan. Bapak suradal pensiunan dari dinas pasar Jogja tersebut, lantas menceritakan usaha yang di gelutinya hanya meneruskan sejarah dari orang tua yang dulu sebagai perajin genteng di samping sebagai petani, sehingga usaha genting hanya tambahan.

Menjadi perajin ini menurutnya adalah bagian untuk memberi atau hanya untuk lantaran kepada orang lain dalam meraih penghasilan.

Harga Per 1000 genteng asli godean kisaran 1250.000 di tempat, Bapak Suradal ini juga mengupas dalam memperkerjakan karyawan mereka tidak di gaji harian tetapi hasilnya borongan perseribu. Lanjut Bapak yang juga sebagai peternak burung perkutut tersebut.

Untuk harga borongan genteng cetak perseribu Rp.100 ribu, sisik, Rp.30.000, jemur Rp. 50.000, bakar 55000 Rp. 40.000. Sedang untuk membakar di butuhkan minimal 2 orang serta tenaga bantu 2 orang.

Usaha genteng terbilang berat sebab setiap membakar selam 12 jam dapat hasil 100.000, namun demikian hasil ini sudah di atas hasil tukang batu.  Terkait proses bahan mentah hingga jadi membutuhkan biaya 1100.000, papar mbah Suradal kepada media pastvnews.com awal april  2015.

Ketika di singgung perbedaan genteng godean dengan genting kebumen Pria ini merinci untuk  genting hasil produksi kebumen jateng memang memiliki kelebihan yakni tanahnya mengandung zat besi, sedang saat kena panas jika dan lumutan mudah hilang, meski demikian kata Suradal untuk kualitas genteng sama dengan godean,tetapi di luar Godean saya  tidak komentar "katanya kembali.

Sedang saat di singgung produk genting Godean  di akui produk genteng memang ndak bisa sama artinya tergantung pengolahan masing masing perajin, jika tekun dan tidak tergesa geasa maka akan menghasilkan genting yang berkualitas, namun bila sebaliknya atau asla asalan maka jelas ada yang tidak bagus.

Perlu anda ketahui "Mas kata bapak Suradal, tanah Godean kepadatannnya cukup bagus bahkan istimewa, soalnya tanahnya sangat lembut sehingga bila di pakai untuk tutup lubang air saja  tidak bocor.

Nah terkait harga genting seingat didrinya, harga genting harga 45.000 untuk per seribu damn ini saya catat tahun 1963. Sedang tahun 1970 sudah meningkat yakni mencapai 75.000, untuk sekarang tahun 2015 mencapai 1250.000, bahkan bisa lebih tergantung kualitas dan jumlah pesananya.

Bapak Suradal lagi lagi menguraikan, pembuat genting yang kualitasnya hampir sama untuk di sekitar wilayahnya ada 3 perajin, memang perajin genting banyak dan kualitas yang di hasilkan juga belum tentu sama.

Seperti contoh jika beli dari lokasi bagus tapi sampai tujuan retak, maka hal itu karena pengeringan kurang maksimal, presannya juga kurang lunak pembakarannya kurang optimal atau kurang standar.

Perlu di fahami bahan yang baik, maka cara presnya harus dari calon genteng yang bagus (batang harus tidak becek/jemek) atau lebih mengarah akas/jawa jemadah (pulen).

Dulu memang ada calo genteng gentayangan yakni ada truk datang mencari maka di kuntit, tapi calo tersebut beberapa tahun lalu sudah di larang sebab dapat mematikan perajin “pungkas Bapak Suradal mengakhir perbincangan dengan media pastvnews.com, “/wg/ym/fid




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi