Kembali Ke Index Video


Eko Rustanto Politisi Partai Demokrat, Bangun Gunungkidul Tidak Mudah

Sabtu, 24 Desember 2016 | 10:02 WIB
Dibaca: 1459
Eko Rustanto Politisi Partai Demokrat, Bangun Gunungkidul Tidak Mudah
DOK FOTO PASTVNEWS.COM, DEWAN PERWAKILAN RAKYAT GUNUNGKIDUL

Wonosari, (Pastvnews.com) – Politisi Partai Demokrat yang sekaligus anggota DPRD Kabupaten Gunungkidul, Eko Rustanto mengatakan untuk membangun Gunungkidul tidaklah mudah dan bukan persoalan sederhana.

Namun demikian ia yakin Gunungkidul akan menjadi luar biasa kalau bisa menerapkan 4 pilar yang harus digenjot perkembangannya yaitu pariwisata, inprastruktur, Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan pertanian.

“Ketika 4 pilar itu bisa  kita sentuh dan dimaksimalkan  serta bisa dijalankan dengan baik saya yakin Gunungkidul akan menjadi luar biasa,” terang Eko Rustanto, Sabtu, 23/12/2016 disela-sela kesibukanya.

Salah satu contoh, lanjutnya, di tahun 2015 wisatawan yang datang ke Gunungkidul sudah bisa mencapai 3 juta pengunjung. Tetapi kedepan Gunungkidul tidak bisa mengandalkan retribusinya, namun bagaimana dengan berkembangnya pariwisata, dengan banyaknya orang datang ke Gunungkidul bisa meninggalkan uangnya di bumi handayani, tidak hanya menikmati alamnya saja, tetapi uangnya yang ia bawa bisa tinggal di Gunungkidul.

“Dengan berkembangnya dunia pariwisata , dengan banyaknya orang datang ke Gunungkidul mereka bisa meninggalkan uangnya disini, mereka tidak hanya datang dan menikmati alamnya saja, tetapi uangnya yang ia bawa bisa tinggal di Gunungkidul,” harap Eko.

Nah, salah satunya adalah kalau kita mau menumbuhkembangkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).  Karena UMKM adalah salah satu pilar yang bisa sebagai peyanggah dunia pariwisata di Gunungkidul.  

UMKM yang jumlahnya sekitar 30 ribu diseluruh wilayah Gunungkidul dan mampu mengembangkanya bisa mengemas sebagai produk hasil dari Gunungkidul maka UMKM yang sekarang tumbuh bagaikan cendawan di musim hujan ini akan menikmati hasil dari usahanya, karena di tahun 2017 akan ada tempat penampungan khusus untuk para UMKM.

“Kalau UMKM yang sekarang tumbuh bagaikan cendawan di musin hujan ini bisa mengembangkan hasil produknya maka akan menikmati hasil dari usahanya, karena di tahun 2017 akan ada tempat penampungan khuss untuk para UMKM,”masih kata Eko.

Menurut Eko, untuk tahun 2017 pemerintah akan membeli beberapa tempat yang dianggarkan 37 milyar untuk pengadaan tanahnya guna pembuatan rest area dan menampung hasil produk dari UMKM atau semacam hasil dari  home industry.

“Di tahun 2017 pemerintah akan membeli beberapa tempat yang dianggarkan 37 milyar untuk pengadaan tanahnya guna pembuatan rest arean dan menampung hasil produk dari para UMKM atau semacam hasil dari home industry,”jelas Eko.

Menurutnya, 4 pilar ini pernah disampaikan kepada  pemerintah Kabupaten Gunungkidul, dengan tidak meninggalkan pendidikan dan kesehatan, karena  sudah bisa berjalan dengan systemnya yang sudah bagus.

“pokoknya kalau 4 pilar ini bisa di genjot, saya yakin Gunungkidul bisa makmur dan sejahtera,”pungkasnya. W. Joko Narendro.

 




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi