Kembali Ke Index Video


Musim Tanam Tak Sesuai Pranotomongso 'Hasil pertanian Tak Menentu Petani Srunggo Kelabakan 'Tapi Terhibur Ternak Bisa Subur

Selasa, 8 November 2016 | 08:02 WIB
Dibaca: 3680
Musim Tanam Tak Sesuai Pranotomongso 'Hasil pertanian Tak Menentu Petani Srunggo Kelabakan 'Tapi Terhibur Ternak Bisa Subur
HITUNGAN PRANOTO MONGSO UNTUK PERTANIAN MUSIM KEMARAU BASAH SEBELUMNYA TAK PERNAH ADA

Bantul-Media pastvnews.com, musim kemarau basah telah mengakibatkan hasil pertanian tidak maksimal meski di sisi lain ada yang di untungkan. Seperti ungkapan Dukuh Srunggo II Selopamioro Bantul  7 November 2016 lalu Dirinya bersama kelompok taninya  sering mengubah pola tanah dalam beberapa bulan terakhir terlebih musim tanam tidak menentu

‘Purwatmadi merinci ilmu titen bagi petani  agak mleset oleh sebab itu apakah pranoto mongso jawa itu sudah rubah kata dukuh yang memiliki kawasan goa cerme tersebut.

Lebih lanjut di paparkan biasanya saat mongso ke 5 menurut petani sekaligus ketua kelompok justru pada saat mongso memang belum menemukan tanda tanda seperti  yang terjadi saat ini.

nah bagian dari itu adalah Fakta di lapangan seperti buah gadung baru sulur, belum ada daun utuh dengan tanda tanda alam yang demikian ini memang berbeda dengan waktu waktu yang dulu.

 

PURWATMADI DUKUH SRUNGGO II

Pengalaman yang kami rasakan dengan kemarau basah terutama di sekitar areal pertanian  di Srunggo II  ini akhirnya berakibat  seperti tanaman jagung  tidak  bisa tumbuh maksimal karena terlalu becek dan lembab hasil tanman jagung bisanya untuk simpanan pangan sebelum ada panen padi. jelas  Purwatmadi serius.

Yang lebih parah lagi hasil panen singkong bulan Agustus  September tidak bisa di panen karena cuaca dingin  dengan adanyA musim kemarau basah tersebut.

Melihat venomena alam yang semacam inu maka Pur bersama warga berfikir bagaimana mengatasi  pertanian yang akan di hadapi .

Meski  di balik keresahan petani tak dapat panen namun pihal lain seperti peternak sapi dan kambing gembitra karena banyak rumput tumbuh sehingga menyuburkan sapi. Kami mendapat hiburan dari  ternak sapi karena merumput mudah. Nur/pur




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi