Kembali Ke Index Video


Pemerintah Pastikan Tidak Ada Impor Beras

Selasa, 1 November 2016 | 21:20 WIB
Dibaca: 1465
Pemerintah Pastikan Tidak Ada Impor Beras
PRESIDEN RI JOKO WIDODO BERTATAP MUKA DEMNGAN PANITIA

Boyolali Jawa tengah -,mediapastvnews.com, Presiden Joko widodo memastikan hingga akhir tahun 2016 ini pemerintah tidak akan melakukan impor beras, mengingat stock beras nasional saat ini masih mencukupi untuk kebutuhan konsumsi nasional. Sehingga dapat dipastikan hingga akhir tahun pmerintah tidak akan mengimpor beras.

Hal di atas diungkapkan Presiden Jokowi dalam sambutannya saat pembukaan Hari Pangan Sedunia  ( HPS) ke  36, tingkat Nasional yang dipusatkan di Boyolali Jawa Tengah.

Presiden menambahkan stock beras nasional yang dimiliki hingga saat ini mencapai 1,98 juta ton, dimana hal ini mengalami peningkatan dibandingkan stock pada bulan September tahun lalu.

“Meski kita belum mampu mengekspor beras namun saya berjanji hingga akhir tahun 2016 dan saya pastikan kita akan mengimpor beras” sambungnya di hadapan seluruh petani se Indonesia.

Lebih jauh Presiden mengatakan di samping beras, saat ini produksi jagung juga mengalami peningkatan sehingga impor jagung hingga saat ini dapat ditekan atau dikurangi sebanyak 60 persen. Dengan kinerjanya saat ini Jokowi pun berkeyakinan hingga tahun 2018 mendatang pemerintah sudah tidak akan mengimpor jagung.

Dan guna mencapai target tersebut, Jokowi meminta Kementerian Pertanian untuk mengenjot produktifitas jagung dengan berbagai strategi. Misalkan dengan penanaman yang dipusatkan di suatu daerah sehingga masing-masing daerah bisa menanam jenis pangan lainnya.

Presiden juga menyebutkan, ke depan ada tiga isu utama internasional yang akan menjadi persaingan antar negara-negara di dunia. Ke tiga isu tersebut yakni meliputi  pangan, air serta energi. Untuk pangan dan air, Jokowi optimis bisa bisa bersaing di sektor ini. Akan tetapi bidang energi pihaknya mengakui masing merasa pusing menyelesaikan bagaimana siap bersaing di sektor ini. anjar




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi