Kembali Ke Index Video


Ragam kesenian menghibur pengunjung dalam kirab budaya gubug gede 2018

Senin, 2 Juli 2018 | 09:05 WIB
Dibaca: 88
KIRAB BUDAYA TAHUN 2018

Gunungkidul media pastvnews.com kirab budaya minggu 1 juli 2018 di di gubug gede Ngalang meriah ribuan warga hadir  melihat prosesi setahun sekali tersebut.

Beragam bregodo dan gunungan buah tarian tradisionil ikut menjadi peserta hingga menghibur warga yang ikut dalam apel akbar dalam rangka rasulan atau pesta adat tersebut.

Pesta adat tersebut dulunya di lakukan oleh krabat raja Majapahit Brawijaya lima dan yang bermukim di Ngalang. Reog, drumband dan ragam kesenian menghiasi arena kegiatan.

salah satu wara ppeserta kepada media pastvnews, mengatakan, untuk kirap seperti ini kami kompak andilan per KK 75.000, ada yang kurang tergantung kesibukan atau potensi yang  akan di tampilkan 'kata Agus yang tinggal di pinggiran kalioyo tersebut .

Sementara itu Kades Ngalang Kadri mengatakan,  kegiatan pesta adat ini berlangsung sejak dirinya belum menjadi Kades, dan telah turun temurun bahkan umurnya lebih tua dari Kraton Mataram.

Untuk melaksanakan kegiatan ini pemerintah desa menggelortorkan dana lebih dari 120 jutaan terdiri untuk acara wayangan dan lainnya sedang warga memang ada yang andilan sesuai kemampuan,untuk bantuan besarnya fluktuatif  'kata Kadri. 'ym




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi