Kembali Ke Index Video


Jadilah Tuan Di Negeri Sendiri, NKRI Didirikan Dikuasai Bumiputera”

Selasa, 24 April 2018 | 12:01 WIB
Dibaca: 1225
Jadilah Tuan  Di  Negeri Sendiri,  NKRI  Didirikan  Dikuasai  Bumiputera”
DISKUSI PANEL BERUSAHA JADI BOS DI NEGRI SENDIRI

Yogyakarta- media pastvnews.com, Perjuangan Bumiputra (sebutan lain untuk Pribumi) tidak hanya  sebatas merebut dan mempertahankan  kemerdekaan  serta  membuktikan eksistensinya kepada masyarakat dunia bahwa Indonesia adalah Negara  yang berdaulat, tetapi perjuangan  melalaui forum-forum diplomasi dan konferensi hukum internasional. Salah satunya adalah diawali dengan Deklarasi Djuanda , 13 Desember 1957.

Hal tersebut  disampaikan Prof Dr Ir Sobar Sutisna, dalam  persiapan Pra  Kongres Boemipoetra Nusantara  Indonesia  Bagian Barat di hotel  Santika Premier, Yogyakarta.Beberapa nara sumber Jenderal TNI(Purn)  Djoko Santosa, Prof. Dr Maswadi Rauf,Dr MD La Ode M.Si,Prof.Dr. Yusril Ihza Mahendra, Marzuki Alie,Se.MM.PhD,Dr Ichsanuddun Noorsy,Prof. Dr Sobar Sutisna,Prof.Koeslan.

 Menurutnya,NKRI  adalah Negara kepulauan  berciri Nusantara, dengan  status  dan hak-hak  diatur  dalam hukum internasional,  sebagaimana terdapat   dalam  konvensi hukum  laut PBB.Luas  wilayah kedaulatannya lebih 5 juta km2, dimana  terdapat  195 komunitas etnik bangsa Indonesia (asli Bumiputera).

Jumlah penduduknya,  pada saat telah  mencapai 258 juta lebih dengan sekitar lima prosennya  WNI non bumiputera. Status  sospol bumiputera di era  demokrasi belakangan  ini diwacanakan  kembali sebagai dampak dari  amandemen  konstitusi,   di satu  sisi membuka peluang munculnya putera daerah ke panggung politik nasional.

namun  di sisi lain status social politiknya bisa kita ingin  peran sospol Bumputera tidak sirna karena terjadinya pergeseran penguasaan geografi wilayah Indonesia kepada mereka  yang non pribumi,karena Indonesia  bukanlah Amerika Serikat,Indonesia bukanlah Australia dan Indonesia  tidak ingin  jadi  Singapura.

hasil sementara dari bahasan tersebut diantaranya, bangsa Indonesia asli  telah behasil memperluas ruang hidup  wilayah tanah air, Negara bangsanya dari hanya  sekitar 2,3 juta  Km2 menjadi sekitar 8,3 juta km2.

Terjadinya  pergeseran posisi  strategis penguasaan geografis NKRI dari posisi  silang ke poros maritim.

Terjadinya pergeseran akses dari posisi penguasaan geografis baik bumi putera ke non pribumi,maupun dari entitas internasional, terjadi pergseran pola  rekrutmen kepemimpinan  nasional  dari WNI ber- Tumpah Darah ‘ ke WNI ber DNA Sisminduk.

Ditambahkan terjadinya  perubahan strategi pembangunan dari statistic based ke geospasial based pembukaan  aksebilitas spasial kepada  seluruh penduduk termasuk  komunitas terpencil  termarginalkan  di perbatasan.Perubahan mampu merobah pola pikir pemimpin, bangsa  kedepan, di segala  lapisan  bidang  keahlian.

Sadar NKRI adalah disain sospol Bumiputera yang diraih melalui  pengorbanan panjang, pertumpahan  darah dan oleh  otak  pikiran  Bumiputera pendiri  bangsa.  Bumiputera Jadilah  Tuan  di Negeri Sendiri. Karena  NKRI  Didirikan , Dimiliki dan harus  Dikuasai oleh Bumiputera. Isan Riyanto

 




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi