Kembali Ke Index Video


Gunungan Bakpia Di Kirab 'Warga Jogja Panen Bakpia

Senin, 19 September 2016 | 08:15 WIB
Dibaca: 2566
Gunungan Bakpia Di Kirab 'Warga Jogja Panen Bakpia
bakpia di kirab jadi ajang promosi potensi kuliner

Media warta  digital pastvnews.com, DI tengah  guyuran hujan  deras ribuan orang berjubel memperebutkan ribuan bakpia di pusat oleh-oleh khas  Yogyakarta di  Patuk, Ngampilan,  Yogyakarta.

Acara  rutin  yang diselenggarakan setiap tahun tersebut   dikemas dalam Merti Bakpia di gelar di sepanjang jalan KS Tubun,Ngampilan, Yogyakarta.

Di sepanjang KS Tubun untuk pertama kali kue berbentuk kecil dikenal sebagai makanan khas oleh-oleh  Yogyakarta.Hampir sebagian besar penduduk  di kecamatan Ngampilan  ( Sanggrahan, Purwodiningratan) membuka usaha industri   rumah tangga bakpia. Lebih dari 150 pengusaha  bakpia yang tergabung dalam kelompok  kecil  dan menengah (UKM).

Acara   Merti  Bakpia  kali ini sudah memasuki  yang kelima kalinya.Acara Merti  Bakpia yang digelar  sore diprakarsai kelompok  Koperasi  Sumekar dan Paguyuban  Laris Manis.

warga mengusung bakpia yang berdiri

Kedua kelompok ini kemudian  mengusung  ribuan  bakpia yang di tempatkan dalam  Gunungan Lanang dan Wadon.”Gunungan lanang  tingginya  1,75 meter, dan gunungan wadon  tingginya  1,5 meter dan tiga gunungan kecil sebagai pengiringnya dengan tinggi  satu meter.Setiap   gunungan  berisi  4.000 -5000 an bakpia “ urai Darti. jalan  KS Tubun,Letjen  Suprapto , Bahayangkara  dan berakhir  di    bekas  bangunan  Pabrik  Tegel  Cap Kunci.

Walikota  Haryadi  Suyuti yang hadir membuka acara tersebut mengungkapkan,  bakpia  sudah menjadi  oleh-oleh khas  Yogyakarta.

Kawasan Ngampilan, terutama di sepanjang jala KS Tubun merupakan tempat asli atau pertama kali munculnya bakpia hingga terkenal di kawasa ini  sebagai pusat  oleh-oleh khas Yogyakarta.”

Mulai dari timur,selatan, barat dan   utara Yogyakarta. Bakpia yang asli  ya  dari sini, “ tegas  Haryadi. Oleh karena banyaknya warga yang ingin memperebutkan makanan khas bakpia yang terbuat dari tepung terigu,kacang hijau dan gula pasir itu  sudah keburu kehujanan.

 

Sehingga banyak   warga yang  memperebutkan, meski harus  berbasah-basah untuk mendapatkan bakpia. ‘Isan Riyanto

 

 

 




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi