Kembali Ke Index Video


Pentas Ketoprak Mataram Ki Ageng Tarub 'Lakon Babat Alas Dan Madeging Deso Pucung

Minggu, 4 September 2016 | 07:29 WIB
Dibaca: 1756
Pentas Ketoprak Mataram Ki Ageng Tarub 'Lakon Babat  Alas Dan Madeging Deso Pucung
brandal suro bangah lagi gandrung perempuan

Bantul media pastvnews.com,kabar seni dan budaya Keheningan malam kaki bukir  Wukirsari yang biasanya menyelimut, mimggu 3 september tereasa hangat. ratusan  warga yang biasanya menghabiskan waktu di dalam rumah malam minggu itu tumplek blek di rumah salah seorang warga Karang Asem Pucung Wukirsari.

Memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesiake 71 sekaligus Ultah Pokdarwis Pucung Rejo Pertama, dalam kegiatan warga Pucung mengelar pentas ketoprak Mataram dengan lakon Babat alas Pucung.

cerita yang mengisahkan awal mula keberadaan Desa Pucung ini selain menampilkan para pemain warga Pucung sendiri juga menghadirkan bintang tamu dari pemain ketoprak senior RRI, Walminal dan Srilestari, dalam adegan yang berpesan sebagai  anak raja Majapahit Prabu Brawijaya.

PEMAIN KETOPRAK MATARAM KI AGENG TARUP PUCUNG REJO

Cerita ini sendiri diawali  dengan penampilan yang mengisahkan segerombolan perampok yang tinggal di dalam hutan. Di antara perampok, yang masih bersaudara ini, merasa kesepian karena telah sekian lama tinggal di dalam hutan.

Di saat mereka sedang menceritakan kondisi yang dihadapi tiba-tiba salah  seorang perampok tersebut membawa seorang gadis. Gadis tersebut merupakan yang diculiknya.

Di saat mereka bergantian menggoda gadis tetrsebut tiba-tiba gadis itu marah dan berkata kalau dirimya adalah putri dari Raja Majapahit Prabu Brawijaya. Setelah menyadari kesalahannya, mereka pun sadar hungga akhirnya mereka bersepakat mengingatkan Raja Majapahit yang sering  berhura-hura. Padahal rakyat Majapahit sedang dilanda kesusahan.

Pentas ketoprak yang telah lama tidak digelar masyarakat  Pucung yang juga bertujuan melestarikan kebudayaan ini mendapatkan apreasiasi dari Bupati Bantul, Drs Suharsono. Akan tetapi karena Bupati berhalangan hadir karena sedang bertugas di Jakarta, beliau memberikan sambutannya secara tertulis.

Selain dihadiri para muspika Imogiri, juga dihadiri dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bantul. Dengan pentas ketoprak ini nantinya diharapkan akan semakin mengankat desa wisata Pucungrejo. Di mana selain menawarkan  panorama yang indah, desa wisata Pucungrejo juga kaya akan budayanya. anjar




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi