Kembali Ke Index Video


Ternyata bahan makanan ini bisa untuk obat mag

Senin, 5 September 2016 | 10:16 WIB
Dibaca: 1730
Ternyata bahan makanan ini bisa untuk obat mag
ANGGUN DI EMBUNG SRITEN

Nglipar - Pastvnews.com – Garut atau nggarut untuk masyarakat Gunungkidul mungkin sudah bukan hal asing, karena makanan jenis umbi-ubian ini banyak ditemukan dipelosok-pelosok kampong, apalagi kalau sudah musim penghujan. 

Makanan yang satu ini memang tidak sepopuler singkong atau ketela, yang sudah tekenal di Gunungkidul. Makanya karena saking populernya singkong di Gunungkidul, maka sampai dijuluki kota gaplek (singkong kering-red).

Di daerah Dusun Ngangkruk, Desa Pilangrejo, Nglipar, tanaman ini sudah lama dikembangkan, karena factor alamnya yang mendukung untuk tanaman jenis umbi garut.

Guna mendukung swasembada pangan, garut merupakan salah satu tanaman yang mudah ditanam, apalagi dikawasan Ngangkruk ini sangat cocok dikembangkan. Selain untuk mendukung program swasembada pangan, juga dinilai sangat menguntungkan pagi para petani untuk dijual ke pasaran, apalagi sudah diolah menjadi tepung pati Nggarut.

Anggun Miyati,46thn, pedagang makanan yang berjualan  disekitar Embung Sriten, Pilangrejo, menuturkan, Minggu, 04/09/2016, siang, kalau tepung pati garut ini oleh-oleh makanan khas dari  wisata Embung Sriten. Selain bisa digunakan untuk kripik dan untuk membuat cendol dawet, juga bisa untuk pengobatan.

“ Tepung pati garut ini selain bisa digunakan untuk membuat kripik dan cendol dawet, juga bisa untuk terapi pengobatan penyakit mag, caranya satu sendok pati garut diseduh dengan air panas, kemudian diminum,”kata Anggun.

Oleh –oleh khas dari wisata Embung Sriten selain tepung pati garut ada juga tepung pati Ganyong atau lembong dan gula merah, yang rasanya manis dan enak ada rasa khasnya, masih kata Anggun.

“kalau gula merah dari daerah sini rasa manisnya khas, tidak seperti gula yang dari pesisir, ada rasa asin, karena mengandung garam,” kata ibu berputra 3 ini.

Apalagi  dawet yang bahanya dari tepung pati Lembong, juruh legenya (pemanis) dari gula merah dari sini, rasanya selain enak dan mantap, juga sueeeger,,,, tutup Anggun. W. Joko Narendro.

 

 




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi