Kembali Ke Index Video


Warga Dusun Bangkan, Gunungkidul Awal Tahun 2019 Terima Sumur Wakaf

Rabu, 2 Januari 2019 | 21:39 WIB
Dibaca: 1068
Warga Dusun Bangkan, Gunungkidul  Awal Tahun 2019  Terima Sumur Wakaf
WARGA KERJA BAKTI BANGUN SUYMUR BANTUAN

Gunungkidul –PASTVNEWS.COM,  Upaya untuk mengentaskan masyarakat Gunungkidul dari ancaman kekeringan tahunan maka banyak upaya untuk mengtasinya dan dari  tahun ke tahun terus dilakukan.

Meski sudah memasuki musim penghujan dan debit air di sumur galian sudah mulai terisi, pembangunan sumur wakaf di area rawan kekeringan terus digenjot untuk di realisasikan.

Hari Rabu (2/1/2019) sebagai penanda awal tahun, Global Wakaf ACT DIY memulai pembangunan sumur wakaf di Dusun Bangkan, Desa Jatiayu, Kecamatan Karangmojo, Gunungkidul.

“Sumur yang dibangun saat ini merupakan sumur wakaf yang ke 17 di wilayah DIY, dan diperuntukkan untuk mensuplai kebutuhan air bagi warga yang memang membutuhan air bersih. Selain juga bermanfaat untuk membantu pengairan sawah, serta untuk kebutuhan tempat ibadah masjid Al Hidayah yang baru saja selesai dibangun” Kata ‘Kharis Pradana koordinator Program.

Risdi, Takmir Masjid Al Hidayah menyampaikan rasa syukurnya atas dibangunnya sumur wakaf  dimana sumur tersebut sangat memberikan banyak manfaat terutama untuk keperluan ibadah masjidnya “masyarakat tentu sangat terbantu dengan adanya sumur di masjid ini, soalnya belum ada sumur didekat masjid, karena selama ini airnya masih numpang dari sumur warga” ujarnya.

Saat musim kemarau, Dusun Bangkan ini memang tergolong riskan terhadapa kebutuhan air, Dari penelusuran awak media pastvnew.com, juga atas ungkapan beberapa warga sekitar, di kemarau seperti tahun 2018 yang lalu warga kebingungan soal air sebab sumur pada mengering, masyarakat harus mengambil air dari dusun tetanga yang sudah ada sumur bornya.

“Dulu itu ada, kita sempat beli air dari truk tangki, pas mau sampai truknya tergelincir, akibat jalannya sini yang terjal dan curam, setelah itu warga tidak berani beli dari truk lagi” papar Agus Wibowo Ketua Dukuh Dusun Bangkan, sambil menceritakan kondisi dusunnya ketika kesulitan air.

Sumur yang dibangun sejak Rabu (2/1/2019) ini diperkirakan akan selesai pengeboran dalam sepekan sumur ini memiliki kedalaman kisaran 70 meter, setelah usai pengeboran selama sepekan juga akan memasang jaringan pipa, mesin pompa, water torn, juga pipa ke masjid dan ke warga-warga dusun Bangkan.

Target kami di tahun 2019 Global Wakaf akan membangun 20 sumur di titik-titik yang masih rawan dengan kekeringan ‘tutup kharis. Nasact/tim tim red’




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi