Kembali Ke Index Video


Peduli Pendidikan DIY Drs.Mujiyono MM Salurkan Aspirasi Untuk Berkarya

Jumat, 30 November 2018 | 18:39 WIB
Dibaca: 158
Peduli Pendidikan DIY Drs.Mujiyono MM  Salurkan Aspirasi  Untuk Berkarya
drs. mujiyono mm

Berbah-media  online pastvnews.com, Drs.Mujiyono MM bagi kalangan dunia pendidikan sudah tak asing terutama di Kabupaten Sleman, karena  nama ini sebelumnya berkiprah menjadi pengajar dan terakhir menjadi kepala Sekolah SMK Cangkringan Sleman dan purna tugas tahun 2017 yang lalu.

Saat awak media ini menyempatkan bincang -bincang di kediamannya di Sendangtirto Kecamatan Berbah  Sleman, Dia menjelaskan banyak hal tentang dunia pendidikan yang selama ini menarik bagi saya,

Sebut saja saat ini adalah sertifikasi bagi para guru yang berguna untuk menaikan peringkat, namun pasca meraih sertifikasi, kadang  hasilnya para peraih sertifikasi masih belum memuaskan, untuk mencerdaskan siswanya. 

Bisa saya jelaskan, untuk meraih sertifikasi kadang ada yang meninggalkan tugas pokoknya mengajar di sekolahnnya, nah yang  perlu dan menarik lagi, adalah pasca meraih sertifikasi itu justru hasil nya ada yang bertugas malah ogah ogahan atau agak malas.

Dengan demikian, berujung siswanya kadang terbengkalai, kemudian apa yang menjadi catatan ? yaa, hampir mayoritas guru saat ini mengejar sertvikasi, namun setelah bisa naik golongan atau gaji, mayoritas mereka pasca naik peringkat kadang SK di sekolahkan  untuk pinjaman di bank.

Hasil sertifikasi dan SK memang mampu menaikan kesejahteraan, termasuk pinjaman tersebut sehingga ada di antara mereka ini lantas mengincar beli kendaraan seperti untuk beli mobil dan barang mewah lainnya.

Bagi yang apa adanya atau sesuai tujuan mungkin tak jadi soal, tetapi tak bisa di pungkiri imbasnya, setelah pinjaman jalan kemudian uangnya sebagian untuk mencicil bank dan untuk keperluan keluarga dan operasional sebulan, ada yang terasa tipis

Hasil akhirnya mentok seperti sebulan, ada lho, yang tinggal terima gaji Rp. 500.000, dengan terima uang tinggal segitu maka membuat kinerja itu tadi malas, dan hasilnya membuat murid kurang terperhatikan,

untuk mengurangi ini memang di perlukan management, seperti penggunaan anggaran dari gaji di sesuaikan kemampuan jangan ngotot, rekan beli mobil, ikutan beli 'nah ini yang ada remnya sehingga tugas mengajar akan lebih baik pasca sertivikasi' kata Pria kelahiran Bantul tersebut.  

Di sisi lain dunia pendiidikan memang sangat penting untuk membuat karakter anak didik untuk lebih baik melalui dunia pendidikan, nah yang menjadi sorotan bagi teman-teman guru, sekolah tak boleh memungut ini dan itu, an itu oke.

Tetapi bagaimana dengan biaya untuk pratikum seperti di SMK  misalkan, sangat minim biaya, bahkan nyaris tidak ada, sebut saja misalkan untuk SMK jurusan otomotif pengalaman saya, 16 anak hanya ada 1 unit mesin mobil dengan anggaran yang dulunya awalnya iuran.

Tetapi setelah dilarang kini tak berkutik, masih sangat mending bila ada solusi tak memusingkan kepala sekolah, tetapi faktanya dunia pendiikan tak semulus yang di bayangkan, karena kadang benturan kebijakan atau aturan dari atas  tak ada anggaran, peralatan seperti ayng saya sebut di atas, menjadi persoalan yang sering di rasakan 'paparnya.

Mujiyono pun lantas mencontohkan dirinya tahu di sebuah negara misalkan RRC, sekolah untuk praktikum bongkar pasang mobil  siswa SMK di sediakan 1 unit mesin, dengan demikian tentu murid tersebut akan lebih cerdas dari pada hanya nunggu gantian, inilah perbedaannya.

Untuk itu karena saya tahu seluk beluk dunia pendidikan seperti itu maka saya ingin mencurahkan hati  atau menampung aspirasi, seperti hal - hal di atas untuk saya bawa ke meja dewan agar dunia pendidikan lebih baik dan profesional.

Tentu peran Legislatif DPRD untuk memberikan masukan kepada pemerintah kedepan menjadi salah satu alat setrategis untuk memperbaiki dunia pendidikan agar generasi kita meningkat, sehingga pasca tak sekolah bisa mencari peluang kerja karena telah terdidik.

Oleh sebab itu, karena saya telah pensiun dan memasuki tahun politik 2019 maka, saya lantas berkiprah masuk ke dunia politik, hal ini untuk memperjuangkan dunia  pendidikan agar lebih maju dan bermartabat bagi dunia pendidikan terutama di DIY.

Soal kendaraan aspirasi saya telah ke Partai Berkaya dan berkeyakinan kendaraan ini akan merespon kepentingan negara demi rakyat, termasuk di dalamnya dunia pendidikan, lanjutnya.

Drs. Mujiyono MM, ini masuk dalam daftar calon tetap legislatif DPRD Provinsi DIY dalam Pileg tahun 2019 masuk didapil 5 yang meliputi Kecamatan Berbah, Depok, Mlati, Godean, Minggir, Seyegan, Moyudan, dan Gamping

Mohon doa dan restunya, 'pungkas Mujiyono menutup perbincangan dengan awak media ini, Jum'at,30/11/2018. 'id/nur/ym

 

 




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi