Kembali Ke Index Video


Gubernur DIY "Hingga Agustus 2014 Danais terserap masih kurang dari 20 % "

Selasa, 26 Agustus 2014 | 21:38 WIB
Dibaca: 2202
Gubernur DIY "Hingga Agustus 2014 Danais terserap masih kurang dari 20 % "
DOK FOTO SYAWALAN SULTAN BERSAMA WARGA DAN TOKOH MASYARAKAT

Gunungkidul-PASTVNEWS.COM, Senin 25 Agustus 2014 di Sewoko Projo Wonosari berlangsung Syawalan dan di hadiri tokoh masyarakat dan Gubernur DIY.

Gubernur DIY Sri Sultan  Hamengku Buwono X dalam penyampaiannya terkait danais orang nomor satu di DIY mengungkapkan, bahwa dana keistimewaan DIY Dana IS dari pemerintah pusat agar dapat terserap maksimal, dinas kebudayaan dan pariwisata serta setrukturnya dapat di pecah, yakni kebudayaan di pisah dengan dinas pariwisata

Demikian seperti pemaparan Gubernur ketika dalam temu syawalan serta dalam forum komunikasi pimpinan daerah beserta warga Gunungkidul di Sewoko Projo Gunungkidul.

Lebih lanjut Sultanpun, menjelaskan pemisahan instansi tersebut harus secepatnya di tetapkan melalui mekanisme Raperda, kemudian perubahan struktur, lanjut Gubernur, memang saat ini masih dalam tahap pembahasan di DPRD DIY.

Monitoring Dana is yang diserap disetiap daerah masih sangat rendah, pada kuartal II per 11 Agustus 2014, ternyata penyerapan anggaran baru bisa mencapai Rp 2.224.316.500,00 atau 16,36 %.

Jumlah tersebut di atas masih minim dan kurang dari 20 %, terhadap pagu tahap I sebagai syarat penyaluran tahap (2) sebesar 55 % dari total danais kabupaten, untuk di ketahui pada tahun 2014.

Pemda DIY telah membagikan Danais untuk urusan kebudayaan lewat Pemerintah Kabupaten Gunungkidul sebesar Rp 13.595.684.000,00. “jelas Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono tersebut.

Terkait pemecahan Disbudpar menjadi dua dinas maka hal ini dapat kita ketahui dan sudah diterapkan di Dinas Kebudayaan DIY dimana sudah di jalankan oleh Dinas Kebudayaan DIY yang semula terbagi tiga bagian, namun sekarang berubah berjumlah tujuh bagian.

Kemudian struktur organisasi yang  terbentuk kedepan juga agar bisa menyerap tenaga kerja baru juga untuk dapat mengangkat pegawai kontrak.

Sultan juga menyatakan, menargetkan, pemerintah Kabupaten Gunungkidul segera dapat melakukan perubahan struktur agar dapat memaksimalkan fasilitas danais, meski juga harus di imbangi dengan kerja keras, serta penuh tanggung  jawab.

Tahun ini 2014 mungkin belum bisa 100 %, oleh sebab itu pemkab Gunungkidul harus bisa menyerap anggaran hingga 80 % , kata Sultan.

Harapan Gubernur agar dana tersebut dapat tersalurkan kepada masyarakat langsung, melalui organisasi kemasyarakatan yang ada, pungkas Sultan. Tim red”

 




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi