Kembali Ke Index Video


Asal Usul Upacara Adat Tradisi Apeman Yaqowiyo Klaten

Jumat, 18 November 2016 | 18:30 WIB
Dibaca: 3181
Asal Usul Upacara Adat Tradisi Apeman Yaqowiyo Klaten
di masjid tempat berdoa upacara adat apeman

KLATEN MEDIA PASTVNEWS.COM, UPACARA tradisi sebar  apem, Yaaqowiyu sudah berlangsung cukup lama, berawal dari keberadaan  tokoh kharismatik,  Ki Ageng Gribig beserta pendereknya  yang setia  melakukan  dakwah  menyebarkan agama Islam di wilayah Jawa.Berawal dari “ Apem Yaaqowiyu"

 Ki Ageng  Gribig menunaikan ibadah haji di Mekah, mendapat  buah kue apem yang dalam keadaan masih hangat,kemudian di bawa pulang untuk cucu-cucunya sebagai oleh-oleh.

Setelah sampai di rumah,  apem  masih dalam keadaan hangat. Dengan bersabda,  Ki Ageng Gribig Apem Yaaqowiyu, yang artinya,  yaa qoiyyu  (  Tuhan Mohon Kekuatan).

Berhubung  apem  hanya  3 biji, kemudian  ia memerintahkan kepada istrinya Nyi Ageng Gribig agar membuatkankue  apem sehingga dapat dibagi rata  dengan  cucu-cucunya.

Ki Ageg Gribig juga meminta kepada  masyarakat di  Jatinom,  setiap bulan Sapar (Soffar)  agar merelakan sebagian hartanya untuk  sodaqoh, kepada tamu-tamunya.

Karena  masyarakat, Jatinom mengetahui jika  Nyi Ageng  melakukan sodaqoh, dengan membuatkue apem kemudian   perbuatan Nyi Ageng yang dinilai   baik

maka masyarakat sekitar Jatinom mengikuti jejak Nyi Ageng Gribig yang dengan rela menyumbangkan sebagian hartanya untuk  membuat kue apem dan dibagikan kepada  warga. Tradisi tersebut hingga  kini masih tetap lestari.’isan/joek




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi