Kembali Ke Index Video


Resonansi bagus kayu nangka cocok untuk bahan membuat kendang

Senin, 27 Agustus 2018 | 08:33 WIB
Dibaca: 64
Resonansi bagus kayu nangka  cocok untuk bahan membuat kendang
MBAH PARMO GRAULAN WATES MENUNJUKAN HASIL KARYA KENCDANGD ARI NAGKA

Kulonprogo-media pastvnews.com, salahs atu perajin gamelan adalah bpak parmo atau akrap di sapa Mbah Mo. kepada wartawan pastvnews.com, 23 Agustus 2018 dirinya mengaku menjadi penghobi gamelan sejak tahun 1980 an dan saat itu baru belajar.

yaa saya mengawali karier dari RRI  Jogja dan sejak saat itu saya lebih mengenal gamelan, awal dari kenal karena orang tua juga sudah hobi namun saat  betul betul tahu saya sebenarnya orang yang keplset, artinya dulu saya ikut kontraktor di Sleman jalan kaliurang  dan di ajak muter muter usaha proyek wal hasil salah satu yang saya dapat juragan saya bangkrut jadi, alih usaha kemudian melirik gamelan saya tahu tentang gamelan dari juragan kontraktor dulu karena di ajak keliling keliling.

Dulu hanya mengenal beberapa alat saja seiring dengan perubahan kian deras sehingga saya bisa membuat dan mengumpulkan untuk kegiatan karawitan dan pentas seni jawa.

Lah yang menarik bagi saya karena bahan ada di desa maka salah satu rangkaian alat musik yang bisa saya tekuni adalah membuat kendang 'papar Pak Mo, yang tinggal di Graulan Giripeni Kulonprogo tersebut.

Untuk jenis kayu yang baik untuk segi suara dalam perkendangan adalah Kayu nangka karena resonansi dari hasil kayu tersebut  cukup bagus dan sempurna.

saya meneliti  kayu nangka itu rapet tak ada celah sehingga suara yang di hasilkan tidak rusak sehingga saat kendang di tabuh suaranya mantab dan mengumpul, enak di dengar soal kendang memang ragam motif sesuai pesanan kendang kayu angka kisaran 750 sampai 1.250.000 tergantung besar kecilnya yang di buat, pungkas Mbah Parpo yang Pensiunan RRI Jogja Tersebut.  id/ym




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi