Kembali Ke Index Video


Buku,” Ajaran Kepemimpinan Asthabrata”

Sabtu, 16 Desember 2017 | 21:20 WIB
Dibaca: 317
Buku,” Ajaran Kepemimpinan Asthabrata”
PELUNCURAN BUKU

Pakualaman-media pastvnews.com, Ajaran kepemimpinan  dalam Serat Rama  Gubahan R.Ng.Yasadipura mensyaratkan  seorang raja  idealnya memiliki  8 karakter utama  yang berasal dari 8 dewa lokapala, yaitu Indra  (pemurah),Yama (tegas dalam melaksanakan  hukum), bijaksana dan  halus dalam  bertutur kata (Surya),penyayang (Candra),cermat  dan cendekia (Bayu),dermawan (Kuwera), cerdas dan cendekia  (Baruna), berani dan  bersemangat baja (Brama).

Hal tersebut  dipaparkan, Dr. Sri Ratna Saktimulya dalam   peluncuran kembali Buku  Ajaran Kepemimpinan  Asthabrata karya  KGPAA Paku Alam  X   di Kepatihan Pakulaman Jl. Masjid Pakualaman, Yogyakarta (14/12/2017).Dengan  narasumber, Dr.Sri Ratna  Saktimulya,Dr. Sudibya.

Peluncuran kembali , Asthabrata kali ini bertepatan  dengan ulang tahun KGPAA Pakualam X ke 52.Peluncuran pertama pada Pembukaan  Seminar Internasional Masyarakat  Pernaskahan  Nusantara di Bangsal Sewatama,  Pura Pakualaman September 2012.Pada peluncuran kembali buku Asthabrata dengan 3 bahasa yakni,  Jawa,Indonesia dan Inggirs dihadiri  pakar budaya baik dari kalangan akademi,maupun  keraton dan kadipaten, serta  pemerhati budaya.

Menurutnya, sebanyak  12 ajaran Asthabrata mendapat sambutan luar biasa dari pujangga Pura Pakualaman.Keduabelas naskah tersebut al,  Baratayuda,Pawukon  Serat Piwulang, Setra Ageng Adidarma,Kempalan  Serat Piwulang,Sestradisuhul,Piwulang Warna-warni,Slawatan Langen Pradapa.

Dasanama dan Pepali, Kyai Adidamastra,Asthabrata Panca Candra,Dongeng Kancil, Slawatan Melayu,Astrabrata Panca Candra,Narpa Candra. Dipilihnya teks Asthabrata, sebagaimana diungkapkan,Sri  Ratna  Astahabrata ajarannya berasal dar I nabi nabi, wali,raja-raja Mataram  dan Pakualam.

Meski diakui ada beberapa  versi Asthabrata, baik Asthabrata  Yasadipuran maupun  Pakualaman menjelaskan sifat-sifat yang harus dipenuhi  sebagai penyelenggara pemerintahan,al, bijaksana,berani,tegas dan  kepribadian yang kuat.Konsep kepemimpinan ini berkaitan dengan etos  rasa yang tinggi sebagai sarana  yang nyata untuk menggapai makna kehidupan yang  sempurna.

Disebutkan dalam setrayu (setradi) ada 21 butir kebajikan yang menjadi pedoman  bagi raja-raja Mataram beserta kerutunannnya  yakni,ngadeg,sabar,sokur,narima,sura,mantep,temen,suci,enget,serana,ikhtiar,perwira,dibya,swarjana,bener,guna,kuwat,nalar,gemi,prayitna,taberi yang dari generasi ke generasi masih relevan. Isan Riyanto.




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi