Kembali Ke Index Video


MENGENANG YOGYA SEBAGAI IBUKOTA REPUBLIK

Senin, 22 Agustus 2016 | 14:17 WIB
Dibaca: 1787
 MENGENANG YOGYA SEBAGAI IBUKOTA REPUBLIK
PAMERAN FOTO

MEDIA PASTVNEWS.COM WARTA DIGITAL BERBAGAI predikat  Yogya tidak saja dikenal sebagai kota  budaya, kota pendidikan atau wisata. Yogya sebagai kota  perjuangan banyak memimpin sejarah panjang  perjuangan bangsa. Banyak tokoh nasional berkarier di  Yogya, untuk merekam jejak sejarah.

 

 Yogyakarta banyak menyimpan pusaka Nusantara. Kota  perjuangan  belum lama ini direkam dalam bentuk  visual  foto dokumentasi yang dipublikasian lewat Pameran “Mengenang  Djogjakarta Ibukota  Negara Republik Indonesiaa, di Galery Bentara Budaya Yogyakarta.

 

Foto-foro yang dipamerkan tersebut, merupakan  reproduksi  dari buku kenangan “ Lukisan Perjuangan Rakyat Indonesia 1945-1950, diterbitkan oleh  Kementerian  Penerangan  Jakarta tahun 1950.

Gambar terekam  dalam jelas, seperti kisah ketika  pada  4 Januari  1946,Presiden  Soekarno dan Wakl Residen Mohammad  Hatta pindah dari Jakarta menuju  Yogyakarta karena  adanya  terror di Jakarta.Yogyakarta dijadikan ibukota Republik Indonesia selama  4 tahun, akhinya  28 Desember  1949 pukul  10 pagi, rombongan  Presiden  Soekarno kembali ke Jakarta menggunakan   pesawat GIA yang berangkat  dari  lapangan Maguwo menuju  Jakarta. Dalam kurun waktu  4 tahun, banyak terjadi peristiwa  yang dikenal  dengan Clash I dan II.

 

Banyak peristiwa terjadi  di Yogya, politik, perang,  gerilya, perundingan  dsb. Hampir semua peristiwa  di Yogya diabadikan oleh   juru  foto  Kementerian Penerangan. Foto  yang dipamerkan al,  yang kini menjadi  dokumentasi penting perjalanan sejarah bangsa Indonesia, terutama   yang terjadi di Yogyakarta.

 

Seperti foto-foto al,  pembentukan RIS (Republik Indonesia  Serikat), ada  juga foto   keseharian para pemimpin  Republik dan keluarganya lebih dari 100 foto yang dipamerkan yang mewakili peristiwa di Yogya, sebenarnya masih banyak lagi foto foto dokumentasi.al,  sisa pesawat  damai pembawa obat-obatan  yang digempur  oleh dua  pesawat  pemburu  milik  Belanda di atas kota Yogyakarta sebelum mendarat di Lapangan Maguwo.

 

Foto jenasah korban  jatuhnya pesawat dibawa  ke pemakaman Kintelan dengan upacara  korban  diantaranya  3  orang warga Negara Inggris dan India  ikut tewas. Foto pelukan hangat  Presiden Soekarno pada  Jenderal Sudirman setelah kembali ke  Yogyakarta dari bergerilya. Foto devile kesatuan TNI di Alun-lun  Utara,Yogyakarta pada  hari peringatan angkatan perang yang ke  4 diperingati di Yogya.

 

Nampak sedang melintas di depan   Kantor Pos, Yogyakarta dan  Bank Indonesia, Yogyakarta.Iring-iringan pemindahan  jenazah para  pahlawan  yang gugur, ke  Taman Pahlawan Semaki, Yogyakarta. Foto sapaan hangat  dar Pangsar Sudirman pada  prajuritnya d  Alun-alun Utara.

 

Presiden Soekarno duduk  berdampingan  dengn Sri Sultan HB IX, orang terkiat di Yogyakarta menuju  Istana   Presiden Gedung Agung, Yogyakarta. Foto  penobatan Presiden pertama RIS Ir.  Soekarno di  Siti Hinggil,  Kraton Yogyakarta.  Dan masih banyak  lagi foto-foto kisah perjuangan  dan peran  rakyat  Yogyakarta saat itu. isan riyanto

 




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi