Kembali Ke Index Video


Agus Sulityo ' Dewasa ini Generasi Muda Banyak Yang Melupakan Pancasila

Kamis, 9 Juni 2016 | 06:48 WIB
Dibaca: 1413
Agus Sulityo ' Dewasa ini Generasi Muda Banyak Yang Melupakan Pancasila
AGUS SULISTYA

MEDIA PASTVNEWS.COM, Pancasila sebagai dasar negara dalam praktek sehariannya hanya menjadi simbol belaka. Banyak generasi muda sekarang yang enggan mengamalkan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam ajaran Pancasila.

Anggota MPR RI dari daerah pemilihan Yogyakarta, Agus Sulisyo, mengatakan setiap upara bendera selalu dibacakan teks Pancasila dan mereka pun menirukannya.

Akan tetapi teks tersebut yang sebenarnya memberikan ajaran luhur tidak dipahami oleh sebagian besar generasi muda sekarang. Akibatnya terjadi degradasi moral hingga nasionalisme di kalangan generasi muda.

Politisi PKB ini juga menambahkan kekerasan, tawuran hingga generasi muda sekarang seolah tidak mengenal kegotong-royongan hal ini disebabkan karena mereka tidak mau memahami nilai-nilai ajaran Pancasila.

“Meski mereka sering membaca teks Pancasila akan tetapi di hati generasi muda sekarang tidak tertanam jiwa Pancasila sehingga banyak anak muda dan anak bangsa yang saling mencari kebenarannya sendiri.

Di antara mereka saling menganggap dirinya yang benar. Padahal mengamalkan nilai-nilai Pancasila satu sama lainnya akan saling memahami dan menciptakan kerukunan” ujarnya dalam Sosialisasi empat pilar kebangsaan yang diadakan BEM Fakultas Hukum UAD Yogyakarta.

Tawuran, kekerasan antar anak muda atau antar kampung, menurut pria kelahiran Purworejo ini, dpat dicegah jika masyarakat Indonesia, terutama kalangan mudanya, bisa dan mau mengamalkan ajaran yang dalam lima sila Pancasila.

Lebih jauh Agus pun berharap kondisi yang terjadi saat ini dapat dicegah menata dari lingkungan terkecil, yakni keluarga. Dari keluarga yang tercipta keharmonisan nantinya akan berimbas pada kerukunan antar warga dan pada akhirnya kesatuan dan persatuan antar anak bangsa akan tercipta. anjar




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi