Kembali Ke Index Video


Kapan Turun Hujan ? Cupu panjolo di buka malam seloso kliwon 1 oktober 2018

Sabtu, 8 September 2018 | 12:53 WIB
Dibaca: 869
PEMBUKAAN CUPU PANJOLO tahun 2014x

Panggang- media online pastvnews.com,  tradisi adat pembukaan cupu panjolo akan di buka tanggal 1 oktober 2018 atau hari senin kliwon malam  selasa kliwon.

Menurut Bapak Dwijo Sumarto, 65, tahun, pewaris dan penunggu Cupu panjoolo, kepada wartawan pas tv news.com, 7 September 2018 menjelaskan, pembukaan kalau terkait bulan setiap tahun kadang tidak tentu, tetapi merujuk pada bulan Jawa  (sasi jawa) ada di moso kapat, bisa sapar, atau suro, yang jelas moso kapat.

Lebih lanjut Dwijo merinci tentang kegiatan tradisi pembukaan cupu, sudah berlangsung 6-7 generasi, saya masuk geenrasi ke 7, sebelum saya juru  kunci pewarisnya Rono Pawiro dan di atasnya ini Atmo Pawiro. kata Dwijo.

Terkait upacara, pembukaan cupu, dulu pernah di bantu oleh Pemerintah Gunungkidul

dalam hal ini dinas pariwisata dan budaya atas bantuanya dapat meringankan beban panitia dulu seingat saya sekitar tahun 2015-2016 sebanyak di bantu 1,5 jutaan.

selanjutnya setelah ini tak ada lagi, karena proposal event di  tekel Pemdes, sehinggga saat ini adat pembukaan tak lagi menunggu bantuan kami tetap swadaya gotong  royong, satu hari sebelum hari H. warga 2 RT Mendak Girisekar  ada yang urunan kayu, atau ragam kebutuhannya. 

Sementara jika masalah ingkung ayam juga tidak sama jumlahnya, pernah ingkung 50 dan pernah pula kurang, tahun ini 2018 belum tahu.

Dwijo yang kesehariannya sebagai petani tersebut juga menjelaskan, tradisi pembukaan cupu panjolo ini merupakan tradisi dimana menjelang musim tanam di Desa kami adatnya membuka pusaka, palang kinantang,kenthiwiri yang di balut, kain putih,

Kain kain tersebut di balutkan hingga membentuk gumpalan yang di simpan dalam rumah saya dan setelah setahun menjelang musim tanam baru di buka.

Dalam pembukaan melibatkan berbagai tokoh dan ada pula utusan dari kraton Jogja atau abdi dalem serta pejabat seperti, anggota Dprd dan tamu undangan serta  di saksikan ribuan warga.

Pembukaan ini sebagai tradisi yang unik dan  telah membudaya hingga ratusan tahun, bahkan hasil pembukaan cupu panjolo akan di dapat di kain kain putih tersebut beragam gambar akan di temukan beragam pralambang.

kalau dulu hanya untuk memprediksi atau menandai apakah masa panen atau hujan akan lebih berhasil atau tidak, namun dewasa ini pembukaan cupu panjolo di kait-kaitkan dengan keadaan politik di tanah air, daerah dan kejadian alam yang lain.

Kalau yang pembuka tidak boleh menafsirkan dan hanya bertugas membuka dan  membacakan, hasil dari kain yang semula untuk pembukungkus tersebut.

Hasil pembukaan seperti tahun -tahun sebelumnya, seperti di temukan dalam kain, ada gambar, pedang, bercak darah, tanaman dan sebagainya, sekali lagi kami tak boleh menafsirkan hal -hal tersbut.

Jika hasil temuan dalam kain di rasa cocok dan seru kadang pengunjung di luar rumah pembukaan langsung gemuruh  sebab di rasa ada yang sesuai keadaan 'papar Dwijo,.

Di sesi akhir perbincngan dengan wartawan pastvnews.com, Dwijo Sumarto, saat di tanya bagaimana dengan masa tanam dan hujan dan keberhasilan tahun ini ?

Dwijopun tak berani memastikan karena takut mendahului yang Maha Kuasa, namun jika besuk pada akhir Oktober hujan lebat dan terus berakibat rerumputan dan tanaman tumbuh subur  serta berlanjut turun hujan rutin bahkan tetap lancar maka itu pertanda pertanian akan berhasil,

Namun apabila hujan sekitar awal Oktober dan setelahnya hujan berhenti maka kemungkinan akan berakibat tanaman layu sehingga  apabila petani saat masa hujan pertama langsung tanam maka di mungkinkan akan gagal karena air huan masih menghilang,

Jadi gitu saja ini juga sesuai pengalaman yang sudah sudah. Terang Dwijo, menjawab pertanayaan dari awak media pastvnews.com,

Bila penasaran silahkan hadir dalam pembukaan cupu pada tanggal tersebut, biasanya akan di buka sekitar jam 12.00 wib hingga pagi hari, yang jelas jika anda hadir perlu persiapan menyimak tabir  dari hasil pembukaan tersebut' pungkasnya. m.id

 

 




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi