Kembali Ke Index Video


Goa Jepang Saksi Bisu di Bukit Pundong Bantul Yang Belum Populer

Minggu, 8 Desember 2013 | 14:09 WIB
Dibaca: 10043
Goa Jepang Saksi Bisu di Bukit  Pundong Bantul Yang Belum Populer
gua jepang di pundong bantul

Bantul-PASTVNEWS.COM,  Gua kuno Jepang di DIY ada di e tempat yakni Kaliurang Sleman dan di Kabupaten Bantul berada di Surocolo, gua bersejarah ini masih asli hingga sekarang.

Setidaknya hasil pengamatan pastvnews.com, terdapat 18 Gua jepang, namun sebanyak 15 gua ikut Pundong, dan 3 goa ada di Gunungkidul,dan berbatasan dengan Surocolo Pundong, bangunan ini merupakan buatan tangan-tangan orang asli Jawa atau Bangsa Indonesia yang di kerahkan untuk atau kerja paksa (Romusha Jepang) di saat masa penjajahan Jepang tahun 1942 an.

Gua-gua tersebut beragam ukuran, ada yang kotak dan pendek, lebar panjang dan juga ada yang sempit.

Fungsi goa jepang ada yang di pakai untuk dapur umum, goa pengintai, persembunyian, gua pertahanan, kemudian ada goa yang lorongnya tembus ke gua yang lainnya.

Di puncak bukit Pundong juga terdapat gua yang tembus pandang hingga ke laut selatan.

Bangunan gua jepang dengan cor semen yang di sorocolo sangat istimewa karena di puncak lokasi dapat di pakai untuk melihat VIEW ke laut selatan, baik Parangtritis, Depok, samas dan lainnya hingga tampak jelas.

Untuk mencapai gua hanya berjalan sejauh 3 km dan pulang pergi dari Desa wisata Surocolo hanya 6 km dan ketika mendatangi lokasi harus memakai pemandu. Bila tak sanggup tentu pegal pegal dan lelah serta linu akan di nikmati wisatawan.

Keberadaan gua sudah menjadi aset BCB DIY, sehingga di biarkan sesuai aslinya, Sutijo ketua Pokdarwis Desa wisata Surocolo kepada media pastvnews.com mengungkapkan, meski gua sudah di kenal namun belum populer di kalangan wisatawan DIY.

Melihat hal ini maka kami sejak Februari 2013 lantas membuat Pokdarwis agar dapat mengelola potensi alam dan menjaganya, harapnya pemandangan yang istimewa di desa kami dapat tersiar lebih luas "katanya kepada media 1 Desember 2013  "red




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi