Kembali Ke Index Video


Fragmen Menhir Cagar Budaya Situs Sokoliman

Senin, 21 November 2016 | 09:09 WIB
Dibaca: 2221
Fragmen Menhir Cagar Budaya Situs Sokoliman
FOTO LOKASI DAN MENHIR SITUS SOKOLIMAN GUNUNGKIDUL DOK PASTVNEWS.COM,

Karangmojo, (Pastvnews.com) – Tidaklah berlebihan jika masyarakat menyebut Gunungkidul ini sebagai Hidden Paradise (surga yang tersembunyi), karena selain memiliki alam yang indah, juga memiliki kekayaan budaya yang beragam, baik yang berwujud (tangible) maupun yang tidak berwujud (intangible).

Aneka ragam warisan budaya dari berbagai masa dapat ditemukan di bumi handayani ini, dari mulai masa prasejarah, Hindu-Budha, masa ke-Islaman sampai jaman kemerdekaan. Sehingga Gunungkidul menyimpan sejarah budaya yang nilainya tidak terhingga yang layak kita banggakan.

Situs Sokoliman adalah salah satu warisan cagar budaya diantara ratusan warisan cagar budaya yang ada di Gunungkidul. Situs Sokoliman adalah sebuah situs dari masa megalitikum dengan tinggalan berupa peti kubur batu dan menhir. Situs Sokoliman terletak di Dusun Sokoliman, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo.

Sugito (43) sebagai juru pemelihara Situs Sokoliman menerangkan belum lama ini, Situs Sokoliman sendiri merupakan tempat penampungan dari berbagai tempat di daerah Sokoliman. Artefak yang berada di penampungan Sokoliman berasal dari masa Prasejarah, berupa Menhir, fragmen Menhir, dan dinding batu yang jumlahnya ratusan.

“Sebenarnya kalau ditampung di Situs Sokoliman semua bisa ribuan, karena di daerah sini banyak sekali batu-batu jaman prasejarah yang berada di kebun-kebun warga, termasuk di kebun saya juga banyak,” terang Sugito yang tinggal tidak jauh dari lokasi situs Sokoliman.

Ia juga berharap  dengan dibangunanya tempat Situs Sokoliman oleh Dinas Kebudayaan dana Pariwisata, kedepan supaya bisa memjadi tempat wisata sejarah bagi pelajar khususnya dan masyarakat pada umumnya.

“Sampai saat ini ada saja yang datang ke tempat ini, terutama kalau sore hari, dan penangananya diserahkan oleh karangtaruna,”pungkasnya.

Sudarmanto, petugas pendataan cagar budaya dari Disbudpar Kabupaten Gunungkidul, menjelaskan Gunungkidul ini sumbernya Situs Cagar Budaya, hampir semua daerah diseluruh Gunungkidul ada situs sejarah, baik yang sudah terungkap maupun yang belum.

“Ratusan bahkan ribuan cagar budaya ada di Gunungkidul, dari masa Prasejarah sampai masa kemerdekaan ,  saya sudah naik gunung, turun gunung untuk melakukan pendataan,”jelanya.

Dengan ditemukanya menhir belum lama ini mudah-mudahan bisa menambah perbendaraan di Situs Sokoliman. Situs yang dikelola langsung oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Yogyakarta ini nampak terawat, bersih dan asri setelah dibangun oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata. W. Joko Narendro

 




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi