Kembali Ke Index Video


Merasa Handarbeni Ribuan Warga Canden Jetis Bantul Antusias Mengikuti Hari Jadi

Minggu, 25 November 2018 | 20:26 WIB
Dibaca: 1480
Merasa Handarbeni Ribuan Warga Canden Jetis Bantul Antusias Mengikuti Hari Jadi
UPACARA BENDERA HUT DESA CANDEN JETIS BANTUL

 Jetis-Bantul Pastvnews.com  Media online - Lintas seni budaya -  Ribuan warga beduyun - duyun menghadiri dan menyaksikan prosesi upacara puncak acara memperingatian Hari Ulang Tahun (HUT) Desa Canden Kecamatan Jetis Kabupaten Kabupaten Bantul D I Yogyakarta yang ke 72, Minggu (25/11).

Pada kesempatan kali ini 15 pedukuhan masing masing menampilkan brogodho prajurit, gunungan dan keseniannya. Itu semua merupakan potensi di padukuhan diantaranya jatilan, hadroh, gejok lesung, sholawatan jawa ataupun rodad,

'Kata Lurah Desa Canden, Subagyohadi di sela berlangsungnya prosesi upacara di lapangan Canden.

Ketika ditanya mengapa masyarakat dari masing masing padukuhan nampak antusias dan tampil mengikuti upacara ini ? 

Lurah Canden, Subagyohadi berpendapat mereka memang peduli dan merasa handarbeni desanya dan memang merasa memiliki budaya yang ada.

Selain itu mereka dalam HUT kegiatan ini dari masing masing padukuhan disubsidi oleh pemerintah desa Rp 1 juta per Padukuhan sehingga  banyak yang mengembangkan potensi yang ada.

Sedangkan untuk memperingati HUT desa ini yaitu Sabtu (24/11) pada malam diadakan doa bersama dan santunan anak yatim.

Minggu (25/11) mulai jam 10.00 Wib hingga siang pentas jatilan dilanjutkan upacara dan pada malam harinya pentas wayang kulit dengan dalang Ki Udreko Hadi Suasono M.hum.

Wayang ini dengan lakon Mbabar Satrio Tomo, di pendapa Balai Desa Canden.

Sementara itu Bupati Bantul Drs H Suharsono dalam sambutanya mengatakan pihaknya menyambut positif dengan adanya peringatan dan upacara ini.

Budaya adiluhung ini. Kesemua yang ada merupakan potensi yang perlu dilestarikan .

Dengan acara seperti yang tampil saat ini tentu ini merupakan salah satu cara untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan warga. Dan diharapkan menjadi momentum untuk meningkatkan kebersamaan warga", katanya

Prosesi tersebut dari hasil pengamatan awak media memang berjalan lancar, bahkan Kelompok masyarakat serta kesenian dari semua pedukuhan mengikuti kirab di sekitar Desa ini.

Sementara itu Camat Jetis yang inspektur upacara, Endang Rahmawati mengatakan tantangan yang dihadapi  di masa mendatang semakin berat , maka perlu enovasi secara bersama.

Selaku komandan upacara pada ksempatan ini adalah Sunaryo salah seorang pamong Desa Canden. ’pardi




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi