Kembali Ke Index Video


Mengungkap Warisan Budaya dan Cagar budaya Gunungkidul Bagian II

Rabu, 13 Januari 2016 | 22:19 WIB
Dibaca: 3954
Mengungkap Warisan Budaya dan Cagar budaya Gunungkidul Bagian II
makam sunan tremboyo /Ki Damarjati

Media online pastvnews.com, masih mengupas prasejarah kabupaten Gunungkidul, Setelah masa Hidu-Budha, pada masa ke Islam juga banyak ditemukan peninggalan-peninggalan yang sudah bisa dikategorikan masuk dalam cagar budaya.

Diantaranya berupa petilasan, makam, pesanggrahan, yang sampai saat ini masih dipelihara dan dilestarikan oleh warga masyarakat setempat.

Petilasan yang paling terkenal di wilayah Gunungkidul, adalah petilasan Kembanglampir, petilasan Brawijaya Gedhong, dan petilasan Gunung Gambar, Ngawen.

Belum lagi warisan cagar budaya yang berupa makam atau pesarean jaman ke Islaman, seperti makam Ki Ageng Giring III, Ki Ageng Wonokusumo, Ki Ageng Damarjati, Kyai Jobeh, makam Jonge, dan masih ratusan pesarean dan petilasan yang belum terungkap, tetapi masih dikeramatkan oleh warga masyarakat setempat.

Seperti contoh makam Sunan Tremboyo atau Ki Ageng Damarjati, yang terletak di Desa Pengkol Kecamatan Nglipar, Gunungkidul.

Belum begitu banyak masyarakat yang mengetahui tentang Sunan Tremboyo atau Ki Ageng Damarjati , sejarah Beliau belum terangkat dan terungkap ke permukaan umum, dikarenakan  sudah tertimbun ratusan tahun yang lalu, dan tertutup beberapa lapisan masa atau jaman, dari Jaman Majapahit sampai jaman sekarang. wjn




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi