Kembali Ke Index Video


Kenduri malam 1 Suro Pengkol semarak gelar kirap pusaka arak 3 pusaka

Selasa, 5 November 2013 | 12:02 WIB
Dibaca: 3247
Kenduri malam 1 Suro Pengkol  semarak gelar kirap pusaka arak 3 pusaka
Menanti kenduri sebelum acara arak pusaka

PASTVNEWS.COM, Sejarah  Suronan atau event  1 muharram di Padukuhan Pengkol sudah puluhan di gelar, namun  5 tahun terakhir di pusatkan di tempat bapak Narendro atau Wagino.

Kegiatan ini sekaligus memperingati tahun baru Jawa Suro, selain di adakan kenduri, juga di kirab 3 pusaka, untuk  yang pertama pusaka adalah payung agung, tombak koro welang, dan cemeti  pamuk.

Ketika media ini meminta kejelasan acara, Bapak Narendro mengungkapkan, warga di suguhi kesenian Tek tek asli Kedung Poh, kemudian tahlil, prosesi pemberangkatan pusaka, dan kenduri masal.

Sedang pusata di arak dan terakhir  jamasan pusaka di rumah Narendro.  Pusaka di arak ke makam ki Ageng Sunan Tremboyo atau ki Ageng Damarjati, di Kedung Poh atau sebelah utama sungai Pengkol.

Terkait Pusaka  selanjutnya di  buka selama 1 bulan hal ini untuk nyepuhkannnya. Usai di arak  di sepuhkan di makam pusaka lalu di arak bawa pulang di iringi kesenian tek tek dan bregodo prajurit dan pemerhati budaya dan warga masyarakat.

Prosesi songsong payung agung, bertujuan meminta keberkahan kepada Yang Maha Kuasa  agar dalam kehidupan,  yang di maksud bisa lebih baik dan mau menghilangkan sukerto rereget, selain di kandung maksud manusia bisa kembali  hal-hal yang lebih baik, prosesi ini sebagai  pengganti ruwat bumi  “Papar Wagino”

Prosesi dalam kenduri menyajikan ingkung ayam Jawa, tahun 2013 ini Ingkungnya  berjumlahnya 23  datang dari beragam daerah. Keberadaan ingkung tersebut  di buat oleh orang yang punya hajat dan tahun 2013 terbanyak.

Mengarak pusko payung  agung di lakukan malam hari, sedang gunungan buah-buahan di bagikan setelah di beri doa oleh Rois  setempat untuk di perebutkan. Team red

 




Video Terkait


3 Komentar
Ki Datuk
Senin, 11 November 2013 | 19:55 WIB
Gambarnya gak bisa di buka...... Salam santun dari Andalas.
Balas
Ki Datuk
Senin, 11 November 2013 | 19:57 WIB
Gambarnya gak bisa di buka...... Salam santun dari Andalas.
Balas
redaksi
Sabtu, 16 November 2013 | 17:07 WIB
foto dan video ada di judul prosesi arak pusaka di atas (berita terkait ommm...
Balas

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi