Kembali Ke Index Video


Ketika Seniman dan Pelaku Budaya Dapat Penghargaan

Jumat, 20 September 2019 | 00:01 WIB
Dibaca: 410
Ketika Seniman dan Pelaku Budaya Dapat Penghargaan

Bantul - Media online Pastvnews.com - Lintas Seni dan Budaya - Para seniman, budayawan dan pelestari adat di Kabupaten Bantul DIY masing-masing kategori  berjumlah 5 orang,  memperoleh penghargaan berupa pin emas lima gram dan uang tali asih Rp 10.000.0000 perorang dari Dinas Kebudayan Bantul

Awak media Pastvnews melaporkan penyematan pin pemberian uang tali asih dilakukan oleh Bupati Bantul Drs H Suharsono di ruang kerjanya, didampingi Kepala Dinas Kebudayaan Bantul, Nugroho Eko Setyanto. S. Sos. MM, disaksikan oleh Ketua Dewan Kebudayaan kabupaten ini Prof  Kasidi, pada Kamis (19/9).

Para penerima penghargaan kategori seniman/ budayawan Sarno HS (pelawak), Yuriah (seniwari ketoprak), Daru Maheldaswara (seniman teater), Bondan Nusantara (budayawan) dan almarhum Ki Timbul Hadiprayitno (dalang).

Kategoari pelestari adat  diberikan kepada wakil dari para pelestari Kupatan Jolosutro, merti bumi Suroloyo, adat Tri Dusun Dodogan, nyadran Makam Sewu dan upacara adat nguras enceh.

Para pelestari cagar budaya yang diberikan penghargaan  meliputi Masjid Giriloyo Imogiri , Rumah Tradisional Kapak Kumara Sanden, Candi Hati Kudus Tuhan Yesus Bambanglipuro, Situs Gunung Kelir Pleret dan Rumah Joglo Bu Mulatinah Pajangan.

 Adanya penghargaan ini diharapkan agar para penerimanya semakin semangat dalam mengabdi di bidang sensi budaya, pelestarian adat seni budaya dan cagar budaya", demikain Kepala Dinas Kebiludayaan Bantul, Nugroho  Eko  Styanto.

Menurut  Ketua Dewan Kebudayaan Bantul Prof Kasidi, adanya penghargaan seperti ini merupakan salah satu upaya untuk menguatkan semangat dalam mengapdi bagi para seniman dan budayawan  serta pelestari adat ‘Supardi

 




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi