Kembali Ke Index Video


Tari Kolosal Memperagakan Sunan Tremboyo Mendapat Pusaka Sebagai Penjaga Hutan Gunungkidul

Rabu, 14 Oktober 2015 | 19:34 WIB
Dibaca: 2219
TARI KOLOSAL SUNAN TREMBOYO

Nglipar-Media PASTVNEWS.COM, Tari  kolosal yang di perankan muda - mudi asal Dagan Desa Pengkol Rabu 14 Oktober 2015 melengkapi  prosesi kirab pusaka payung agung dan pusaka tombak kyai korowelang dalam rangka pengetan tahun Islam 1437 H atau suro 2015.

Tarian kolosal yang di modif reog ini di unggah ke public untuk mengenang jasa Sunan Tremboyo atau Ki Damarjati sebagai tokoh penjaga hutan serta penyebar Agama Islam di Gunungkidul di masa mataram dahulu kala.  

Bapak Muryanto Pendidik dari tari kolosal Sunan Tremboyo, menjelaskan muda  -mudi tersebut  di latih agar mereka mencintai adat dan budaya tinggalan leluhur, bahkan di harapkan mampu menjadi suri tauladan yang baik sebagai penari dalam kisah Sunan tersebut.

Peragaan mereka di mainkan sejak Sunan turun gunung hingga mendapat pusaka dari kraton Ngayogyokarto dimana atas kegigihannya dalam menjaga hutan pada saat itu, dana kami abadikan dalam bentuk tarian kolaborasi dengan reog ”kata Muryanto, juga kabag umum pemdes Pengkol tersebut. Tim red




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi