Kembali Ke Index Video


Ternyata Nenek Sihir Pun Naik Haji ?

Sabtu, 6 Juni 2015 | 09:08 WIB
Dibaca: 2513
Ternyata Nenek Sihir Pun Naik Haji  ?
dok foto komik

Media - PASVNEWS.COM, Nenek sihir naik haji, mana mungkin? Anda boleh tidak percaya kalau nenek sihir pun naik haji. Nenek sihir baik haji adalah salah satu dari sekian banyak komik yang dipamerkan di rumah komik MDTL ( Museum Dan Tanah Liat), Kersan Tirtonirmolo Kasihan Bantul.

Sebanyak 48 seniman komik dari Yogyakarta, Surabaya, Bandung, Bali dan Jakarta memamerkan karya-karya mereka hingga 3 Juli mendatang. Pameran komik yang bertajuk “Ciaaattt! Gubraaakkk!Dorr!! ini menandai launching ruang baru MDTL.

Di samping cerita nenek sihir naik haji karya Salabi Arsya, ratusan komik dengan berbagai cerita mulai dari cerita pengalaman pribadi, cerita-cerita lucu, hingga komik yang berisikan kritikan dan maaf, agak saru, bahkan komik dengan bahasa dan huruf jawa ditampilkan sebagai bentuk ekspresi dari masing-masing komikus.

Seperti karya Iwang yang bercerita ketika dia di kejar-kejar orang gila. Sedangkan Rio Rejeki atau yang akrab dipanggil Koplo melukiskan karakter pribadinya yang sedikit nyelneh serta suka berkata agak jorok.

Sementara komik yang menyoroti kondisi bangsa yang digerogoti tikus kotor diceritakan oleh Ucup Black dari Komunitas Taring Padi dengan judulnya “Paidi Anti Korupsi”. Bahwa korupsi saat ini telah menyerang tidak hanya orang-orang berpangkat dan berkedudukan tinggi akan tetapi korupsi telah menjangkit hingga ke masyarakat luas.

Menurut pendiri Museum Dan Tanah Liat, Ugo Untoro, komik-komik yang dipamerkan ini merupakan komik indie, komik yang tidak ada di pasaran. Karena dengan alasan tertentu biasanya penerbit tidak mau mencetak komik seperti ini. Padahal imaji komikal indie menawarkan kelucuan serta caption yang menarik dicermati.

Dan meski sebatas komik indie, apa yang tertuang serta tertulis dalam setiap cerita menunjukkan kemampuan naratif serta imanjinasi komikusnya dalam bercerita tetap memiliki kedalaman filosofis dengan perenungannya yang panjang terkait dengan kompleksitas hiudp manusia.

Sisi lain yang menarik dalam pameran kali ini, ketika mata kita menyapu ke sudut lain ada banyak karya yang sesungguhnya tidak dekat dan melekat dengan bentuk akan makna ratusan komik terpampang.

Di sini, jerigen minyak, T-shirt, dompet hingga stiker, seolah berebut ruang dengan bentuk-bentuk komik, di mana semua tampak eskis dalam satu ruang, Rumah Komik MDTL, sehingga menarik perhatian mata setiap pengunjung. anjar




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi