Kembali Ke Index Video


LPMD Sudah Nyekrup Kebit Swadaya Semoyo Patuk Lakukan Pembibitan Kayu Sengon

Senin, 23 Juli 2018 | 23:55 WIB
Dibaca: 1126
LPMD Sudah Nyekrup  Kebit Swadaya Semoyo Patuk  Lakukan Pembibitan Kayu Sengon
LPMD SWADAYA SEMOYO SEDANG PERSIAPAN LAHAN PEMBIBITAN KAYU SENGON DUKUNG DESTINASI KONSERVASI HUTAN

Patuk-media online pastvnews.com, musim tanam  setiap tahunnya akan berjalan kisaran pada bulan November hingga Desember seiring dengan musim kemarau berubah menjadi musim penghujan.

Untuk menghadapi musim tanam tersebut  Kebit Swadaya LPMD Desa Semoyo, sejak  23 juli 2018 melakukan kegiatan dengan  membuat program kelompok pembibitan dengan kayu sengon (abasia).

Kegiatan pembibitan tersebut hasilnya akan di distribusikan ke warga dan bisa di tanam di lahan yang selama ini kurang produktif. Tujuan kebit nantinya agar jangka lama juga bisa mendukung Kegiatan Jurug Taman Sari dan konservasi hutan

Menurut Anggota LPMD desa Semoyo kecamatan Patuk  Gunungkidul, Parjono di dampingi Sugiyono selaku ketua LPMD menjelaskan, Kegiatan pembuatan dan rencana pembibitan sengon sebanyak 10 ribu pohon  bertujuan agar bisa di tanam di lahan yang mudah di tanami kayu sehingga akhirnya berakibat  mampu menahan resapan air.

KEBID RINTIS  PEMBIBITAN KAYU ABASIA/SENGON DI TINJAU PAK BABINKANTIBMAS

Tentu ini program yang baik bagi warga desa terlebih kedepan akan mendukung kawasan konservasi hutan dan mendukung destinsi Jurug taman sari agar makin hijau dengan demikian Semoyo akan bernasib baik. Kata Parjono saat memberikan infonya kepada tim redaksi media pastvnews.com

Sementara itu Ketua LPMD Sugiyono, melengkapi informasi terkait kebit tahun 2018  selaku ketua mengaku bangga bisa berkiprah, pasalnya selama ini LPMD masih minim kegiatan apalagi saat ada rapat LPMD kadang hanya terima uang dari desa untuk rapat rapat, mengingat hal itu maka pola berfikir yang buat Kebit, 'tandas Yono

Nah harapannya bisa lebih bermanfaat semua sudah seperti mur dan baut karena sudah nyekrup kami sepakat sebagian dana pembinaan atau operasional Lpmd kami arahkan untuk pembibitan sengon seperti ini.

Warga sangat mendukung karena akan menghasilkan produk Desa baik secara ekonomis maupun secara konservasi dan wisata akan saling terkait, ‘papar Yono sapaan akrapnya tersebut.

Lebih lanjut Sugiyono yang di dukung rekan yang ada, kegiatan pembibitan sengon juga mendapat arahan dari Kasi Kesejahteraan atau Ekobang Sunardi, dimana Kebit di lakukan dengan melihat potensi kondisi lahan yang dekat dengan sumber air.

Karena ini musimnya kemarau, jelas kebit membutuhkan air selama musim kemarau untuk menyirami bibit, air yang di perlukan di ambilkan di sumber Ngrahu atau Sendang berlokasi di RT 03 Wonosari yang pada musim panas  tak pernah kering  ‘kata Yono.

Semua anggota LKMD telah sepakat dalam rapat kerja lembaga sehingga mulai hari  Senin 23 /07/2018  kami  lakukan persiapan untuk membuat lahan  guna untuk memenuhi program tersebut.

Kami juga terimakasih kepada LPMD dan warga yang mendukung kegiatan kebit karena kebit  menjadi bagian dari aktualisasi program penanaman kayu yang bermanfaat  bagi warga desa Semoyo ‘timpal Sunardi Kasi ekbang

Ketua LKMD pun kembali bicara,meski kami baru star kegiatan juga mendapat pengarahan langsung dari Bhabinkamtibmas Desa Semoyo Bripka Wira Amibara yang aktif memberikan berbagai solusi terkait kegiatan, bahkan pak Wira juga ikut mencangkul lahan Kebit.

Kebit saat ini mampu membuat kabar positif oleh sebab itu dalam arahannya sedapat mungkin kegiatan pembibitan bisa berdaya guna bagi warga Desa.

Kegiatan kebit  sengon agar lebih terawat sebelum di tanam, maka warga dan LPMD di lokasi bulak Ngrahu telah disepakati lokasi pembibitan memang  perlu ada yang ngurusi seperti menyirami dan lainnya bahkan jaga ‘Lontar Waldiyono di amieni Parjono di iyakan Yono.

Atas pendapat  yang berkembang ini maka penggarap lahan ditanah Desa di bulak Ngrahu Bapak Wagiran asal Salak, kabarnya nyekrup nyambung rasa, dirinya siap ngurusi asal di buatkan gubuk yang aman dan bisa untuk istirahat  pasca menyirami bibit sengon.

Di akhir perbincangan terkait berita ini Sugiyono menirukan Babinkantibmas bahwa Dirinya mengaku sangat mendukung kegiatan Kebun pembibitan yang di prakarsai LKMD apalagi Inovasi warga terhadap pemberdayaan memang sangat penting untuk di implementasikan secara sungguh sungguh yang penting jangan hanya sekedar ucapan ‘pungkas Yono  menirukan Babinkamtibmas Desa Semoyo tersebut. tim red’




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi