Kembali Ke Index Video


REFLEKSI 94 TAHUN TAMANSISWA DIADAKAN SECARA SEDERHANA

Selasa, 12 Juli 2016 | 08:11 WIB
Dibaca: 1052
 REFLEKSI 94 TAHUN TAMANSISWA DIADAKAN SECARA SEDERHANA
REFLEKSI 94 TAHUN TAMANSISWA TAHUN 2016

JOGJA MEDIA PASTVNEWS, KI HAJAR DEWANTARA, pada  awal perjuanganya, memperjuangkan rakyat untuk kemerdekaan bangsa dan Negara Indonesia, Ki Hajar pada awal perjuangan  lewat politik, jurnalistik itu semua sudah dilalui. Bahkan  Ki Hajar  Dewantara termasuk salah satu tokoh pendiri Boedi Oetomo. Ki Hajar Dewantara dalam  memperjuangkan rakyat pertama  kali membuat  partai.

Untuk kemerdekaan  dan setelah diasingkan di negeri Belanda memberi pencerahan   dimerdekakan dirinya  terlebih  dulu. Rakyat terlebih dahulu dimerdekakan baru bangsa dan Negara. Yang paling cepat  kemerdekaan melalui pendidikan, dan kemudian didirikanlah Taman siswa.

Awal pendirian Tamansiswa diawali ketidak puasan pola pendidikan yang dilakukan oleh Belanda.Karena jarang sekali  negara colonial memberikan fasilitas pendidikan yang baik kepada Negara yang dijajah.Maka didirikanlah Tamansiswa,berdirinya Tamansiswa merupakan  tantangan terhadap politik pengajaran kolonial mendirikan pranata tandingan.

Tamansiswa merupakan badan perjuangan kebudayaan dan pembangunan masyarakat  yang  menggunakan pendidikan dalam arti luas untuk mencapai cita-cita. Bagi Tamansiswa pendidikan bukanlah tujuan tetapi media untuk mencapai tujuan perjuangan,yaitu mewujudkan  manusia Indonesia yang merdeka lahir  dan bathinnya.

Demikian ungkap, Tyasno Sudarto, dalam Refleksi 94 tahun Tamansiswa ( 3 Juli 1922- 3 Juli 2016) yang  berlangsung di Pendopo  Tamansiswa, Yogyakarta.

SDA yang  sangat baik  banyak  bangsa lain yang  ingin menguasai bangsa Indonesia. “ Ini  bentuk penjajahan gaya baru,hendaknya  kita harus  waspada.” tandasnya.san/njar


Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi